6 Negara NATO Ingin Bangun Tembok Drone di Sepanjang Perbatasan dengan Rusia

Minggu, 26 Mei 2024 - 16:30 WIB
loading...
6 Negara NATO Ingin Bangun Tembok Drone di Sepanjang Perbatasan dengan Rusia
Enam negara NATO ingin bangun tembok drone. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Menteri dalam negeri enam negara NATO telah sepakat untuk membangun sistem pertahanan terpadu “dinding drone” di sepanjang perbatasan mereka dengan Rusia dan Belarusia.

Keenam negara tersebut adalah Latvia, Lithuania, Estonia, Polandia, Finlandia dan Norwegia bertemu di Riga minggu ini untuk membahas cara-cara mengoordinasikan keamanan mereka.

“Kami melihat upaya terus-menerus” dari Rusia dan Belarusia untuk “menggoyahkan keamanan dalam negeri dan ketertiban umum negara kami, untuk menciptakan kepanikan dan ketidakpercayaan terhadap institusi,” kata Menteri Dalam Negeri Lituania Agne Bilotaite, dilansir RT. Mereka menuduh Minsk dan Moskow “ mempersenjatai migrasi, serangan siber, disinformasi, sabotase terhadap infrastruktur penting, dan ancaman hibrida lainnya.”

“Kita perlu memikirkan untuk mengevakuasi penduduk dalam skala regional, serta mengamankan perbatasan luar UE dengan drone,” kata Bilotaite.

"Usulan tembaok drone yang membentang dari Norwegia hingga Polandia akan melindungi perbatasan tidak hanya dengan infrastruktur fisik, sistem pengawasan, tetapi juga dengan drone dan teknologi lainnya,” kata Bilotaite kepada Baltic News Agency. Dia juga mengusulkan pengorganisasian latihan evakuasi massal bersama di tingkat regional.

Meskipun Norwegia bukan anggota Uni Eropa, para menteri sepakat untuk menjajaki kemungkinan pendanaan upaya pertahanan bersama dari sumber pendanaan Uni Eropa. Para menteri berencana mengadakan pertemuan lagi pada 6 September.



Bulan lalu, parlemen Lituania berjanji untuk meningkatkan belanja militer hingga 3% dari PDB. Negara-negara anggota blok yang dipimpin AS telah setuju untuk membelanjakan setidaknya 2% PDB untuk pertahanan, namun banyak yang masih belum mencapai target.

Awal tahun ini, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengumumkan bahwa para anggotanya “berkumpul dengan tujuan mengirimkan 1 juta drone ke Ukraina.” Negara-negara anggota perlu beralih dari produksi senjata di masa damai ke produksi senjata semacam itu dalam tempo tinggi, katanya.

Moskow telah berulang kali memperingatkan bahwa pengiriman senjata dari Barat hanya akan memperpanjang konflik Ukraina. Mereka menyatakan bahwa krisis ini dipicu oleh ekspansi NATO ke perbatasan Rusia, yang dipandang sebagai ancaman nyata.

Presiden Vladimir Putin juga telah berulang kali menyatakan bahwa Rusia “tidak tertarik… secara geopolitik, ekonomi atau militer” untuk menyerang NATO, dan menolak klaim Barat yang menyatakan sebaliknya sebagai upaya untuk menakut-nakuti warganya agar mendanai kompleks industri militer.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0822 seconds (0.1#10.140)
pixels