Su-30SM2 Rusia Dipersenjatai Rudal R-37M, Jet F-16 untuk Ukraina Jadi Target Empuk

Jum'at, 24 Mei 2024 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Operasi tersebut melibatkan penerimaan data target dari operator peralatan pengawasan dan berhasil menghilangkan semua kapal tak berawak yang terdeteksi.

“Menghancurkan kapal musuh yang tidak berawak adalah tugas yang menantang karena ukurannya yang kecil dan sulitnya mendeteksinya di latar belakang laut. Kompleksitasnya terletak pada waktu yang hanya sepersekian detik untuk membidik saat menyelam,” kata salah satu pilot Rusia yang terlibat dalam misi tersebut, seperti dikutip EurAsian Times, Jumat (24/5/2024).

Ancaman Bagi Jet Tempur F-16


Su-30SM2, versi lanjutan dari seri Su-30, dapat memanfaatkan jangkauan R-37M yang lebih luas dan kecepatan tinggi untuk secara efektif menyerang target jarak jauh. R-37M meningkatkan superioritas udara dan misi multi-peran Su-30SM2.

Fleksibilitas ini sangat penting untuk mempertahankan dominasi udara, khususnya di lingkungan yang diperebutkan dimana kemampuan untuk menetralisir ancaman dari jauh dapat menjadi penentu.

Media-media Rusia menggarisbawahi pentingnya penerbangan baru-baru ini yang melibatkan Su-30SM2 yang dipersenjatai dengan rudal R-37M. Langkah ini dianggap sebagai pertunjukan demonstratif, terutama dengan latar belakang kedatangan pesawat tempur F-16 Amerika yang telah diantisipasi namun “berulang kali ditunda” untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

Para analis Rusia berpendapat bahwa pilot militer mereka memberi sinyal kesiapan untuk kemungkinan menghadapi pesawat NATO, menegaskan kesiapan mereka untuk melawan ancaman apa pun secara efektif.

Media-media Rusia lebih lanjut mengeklaim bahwa satu-satunya analog yang mirip dengan R-37M, menurut sumber terbuka, adalah rudal Amerika AIM-47 Falcon dan AAM-N-10 Eagle. Namun, rudal Amerika ini, dengan jangkauan hingga 200 kilometer, tidak pernah digunakan sebagai standar layanan oleh Angkatan Udara AS.

AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile) Amerika, analog Barat lainnya, memiliki jangkauan yang lebih pendek dibandingkan R-37M. Meskipun dirahasiakan, jangkauan AIM-120D diyakini dapat mencapai sekitar 160 kilometer atau berpotensi mencapai 180 kilometer.

Pilot Ukraina berharap jet tempur F-16 yang akan segera dipasok, dipersenjatai dengan rudal AIM-120 AMRAAM, akan berperan penting dalam melawan Angkatan Udara Rusia.

Sementara itu, ketersediaan pesawat Su-35 yang dilengkapi rudal R-37M juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan militer Rusia dalam mencegat dan menembak jatuh rudal jelajah Storm Shadow/SCALP-EG Ukraina.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)
pixels