5 Fakta Kota Tabriz Iran, Lokasi Prosesi Pemakaman Presiden Ebrahim Raisi

Kamis, 23 Mei 2024 - 14:11 WIB
loading...
5 Fakta Kota Tabriz Iran, Lokasi Prosesi Pemakaman Presiden Ebrahim Raisi
Masyarakat menghadiri upacara pemakaman mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi di Tabriz, Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, 21 Mei 2024. Foto/WANA
A A A
TABRIZ - Kota Tabriz Iran menjadi lokasi pertama dimulainya prosesi pemakaman Presiden Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter.

Upacara Pemakaman yang dilakukan di Lapangan Martir itu dihadiri puluhan ribu masyarakat, termasuk juga pejabat dan tokoh militer.

Dilansir dari Anadolu, setelah prosesi ini jenazah diterbangkan ke kota Qom, Iran Tengah. Kemudian mereka akan dibawa ke Teheran untuk disalati, prosesi ini dipimpin Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Barulah setelah itu, Raisi akan dibawa ke kampung halamannya di Masyhad untuk dimakamkan. Dari serangkaian acara pemakaman ini, Kota Tabriz yang jadi kota pertama cukup menjadi sorotan, karena itu berikut ini beberapa fakta menarik dari Kota Tabriz Iran.

5 Fakta Kota Tabriz Iran

1. Kota Terbesar Keempat di Iran


Dilansir dari Britannica, Tabriz adalah kota terbesar keempat di Iran dan merupakan ibu kota dari Provinsi Azerbaijan Timur.

Lokasi kota ini terletak sekitar 4.485 kaki (1.367 meter) di atas permukaan laut di bagian paling barat laut negara itu.

Tabriz berada di lembah Sungai Quru di wilayah Azerbaijan, tepatnya di antara punggung bukit kerucut vulkanik yang panjang di pegunungan Sahand dan Eynali.

Kota ini dinobatkan sebagai Kota Tenun Karpet Dunia oleh Dewan Kerajinan Dunia pada bulan Oktober 2015, dan Kota Wisata Teladan tahun 2018 oleh Organisasi Kerjasama Islam.

2. Asal Usul Nama Tabriz


Nama Tabriz berasal dari kata tap-riz ('mengalir panas'), karena banyaknya mata air panas di daerah tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)
pixels