3 Presiden Iran dengan Masa Jabatan Terlama, Nomor 2 Penentang Keras Israel dan AS

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:06 WIB
loading...
3 Presiden Iran dengan Masa Jabatan Terlama, Nomor 2 Penentang Keras Israel dan AS
Mahmoud Ahmadinejad menjadi salah satu presiden Iran dengan masa jabatan terlama. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Terdapat sejumlah nama Presiden Iran dengan masa jabatan terlama yang bisa diketahui. Salah satunya dikenal sebagai penentang keras Israel dan Amerika Serikat.

Sepanjang riwayatnya, Iran telah memiliki sederet nama yang menjadi presiden. Melihat ke belakang, presiden pertama Iran adalah Abolhassan Banisadr yang terpilih pada pemilu pertama pada 1980.

Sejak itu, Iran telah dipimpin sejumlah nama lain yang menjadi presiden. Melihat nama-namanya, ada beberapa di antaranya yang menjabat dalam waktu terlama. Siapa saja?

Presiden Iran dengan Masa Jabatan Terlama

1. Mohammad Khatami

Mohammad Khatami dikenal sebagai seorang ulama dan reformis kenamaan di Iran. Pada puncak kariernya, ia pernah menjadi Presiden Iran periode 1997-2005 (8 tahun).

Mengutip Britannica, Rabu (22/5/2024), Khatami lahir di Ardakan, provinsi Yazd, 29 September 1943. Memiliki latar belakang keluarga ulama terkenal, ia juga disebut sebagai sosok keturunan Nabi Muhammad karena selalu mengenakan sorban hitam.

Pada riwayat pendidikannya, Khatami pernah belajar di madrasah tradisional (sekolah agama) kota suci Qom. Saat dewasa, ia juga menerima gelar dalam bidang filsafat dari Universitas Isfahan dan Universitas Teheran,

Sebelum menjadi presiden, Khatami pernah mendapat jabatan Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam. Ia bertugas di bawah presiden Ali Khamenei dan Akbar Hashemi selama hampir 10 tahun (1982-1992).

Setelah itu, Khatami juga sempat menjadi Direktur Perpustakaan Nasional hingga penasihat Presiden Ali Akbar Hashemi. Barulah pada pemilu 1997, ia mencalonkan diri.

Menariknya, Khatami menang telak. Janji kampanyenya mencakup kebebasan berekspresi yang lebih besar, serta langkah-langkah untuk mengatasi pengangguran dan meningkatkan privatisasi.


2. Mahmoud Ahmadinejad

Mahmoud Ahmadinejad merupakan presiden ke-6 Iran. Ia menjabat selama 8 tahun dari 2005 hingga 2013.

Pada riwayatnya, Ahmadinejad lahir pada 1956 di Garmsar, dekat Teheran. Memiliki ayah seorang pandai besi, ia meraih gelar PhD dari Universitas Sains dan Teknologi Teheran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)
pixels