Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

Senin, 20 Mei 2024 - 21:40 WIB
loading...
A A A
Para pemimpin Melanesia Spearhead Group bertemu pada bulan Agustus untuk mempertimbangkan kerja sama keamanan dengan Tiongkok, namun belum ada keputusan yang diambil.

Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai mengeluarkan pernyataan sebagai ketua kelompok tersebut, mengkritik Perancis atas kerusuhan tersebut dan menuntut negara itu membatalkan reformasi pemilu, yang akan melemahkan suara Kanak di Kaledonia Baru.

“Vanuatu sedang terguncang,” kata seorang anggota parlemen Vanuatu, yang menolak disebutkan namanya, merujuk pada sentimen anti-kolonial di media sosial sebagai tanggapan atas kematian tiga pemuda Kanak.

2. Diguncang Perselisihan karena Sumber Daya Alam

Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

Foto/Reuters

Reformasi pemilu adalah titik panas terbaru dalam perselisihan selama puluhan tahun mengenai peran Prancis di Kaledonia Baru yang kaya mineral, yang terletak sekitar 1.500 km (930 mil) sebelah timur Australia.

Prancis mencaplok pulau itu pada tahun 1853 dan memberi koloni itu status wilayah luar negeri pada tahun 1946. Pulau ini telah lama diguncang oleh gerakan pro-kemerdekaan.

Penasihat hubungan eksternal FLNKS Jimmy Naouna mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah mengangkat krisis ini ke Forum Kepulauan Pasifik, blok regional utama yang beranggotakan 18 orang, sebagai masalah keamanan regional dan pernyataan bersama sedang dinegosiasikan oleh para anggotanya pada akhir pekan.

3. Dekolonialisasi Akan Terjadi

Oliver Nobetau, rekan Lowy Institute Pacific, mengatakan tanggapan keras polisi Prancis terhadap protes akan menjadi bumerang di wilayah tersebut, di mana dekolonisasi diperkirakan akan terjadi.

“Prancis sedang mencoba untuk muncul kembali sebagai mitra Pasifik dan ini jelas tidak akan membantu citra tersebut,” kata Nobetau, mantan penasihat pemerintah Papua Nugini untuk kesepakatan keamanan internasional.

PNG memperoleh kemerdekaan dari Australia pada tahun 1975, dan menyeimbangkan pakta pertahanan baru dengan Washington dan meningkatkan hubungan perdagangan dengan China.

Macron mengunjungi PNG tahun lalu, yang merupakan kunjungan pertama bagi Prancis, dan PNG akan menyeimbangkan responsnya terhadap krisis Kaledonia Baru dengan hubungan ekonominya dengan Prancis, tambahnya.

Para ahli di Perancis dan Pasifik mengatakan mereka tidak melihat adanya tanda-tanda China mendorong kemerdekaan Kaledonia Baru, meskipun Beijing akan melihat peluang jika hal ini terjadi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)