6 Fakta Mengerikan Peningkatan Penikaman di Inggris

Minggu, 12 Mei 2024 - 19:55 WIB
loading...
A A A
Dalam pemilu lokal minggu lalu, para kandidat memperdebatkan kebijakan seperti stop-and-search.

3. Idris Elba Ikut Turun Tangan

6 Fakta Mengerikan Peningkatan Penikaman di Inggris

Foto/AP

Bahkan bintang film Idris Elba pun ikut mempertimbangkannya.

“Saya bisa mengangkat telepon sekarang, mengetikkan pisau dan saya akan dibanjiri iklan tentang pisau itu,” kata bintang “The Wire” dan “Luther” kelahiran London itu saat melakukan protes pada bulan Januari.

Senjata sangat dibatasi di Inggris dan tidak banyak perdebatan mengenai hal ini. Hal ini sebagian disebabkan oleh pembantaian 16 siswa sekolah dasar di Dunblane, Skotlandia pada tahun 1996, yang berujung pada pelarangan kepemilikan senjata api. Senjata api yang digunakan untuk berburu diatur dengan ketat.

Membatasi penggunaan pisau memang lebih rumit, tetapi pemerintah berupaya. Menjual pisau kepada seseorang yang berusia di bawah 18 tahun atau membawanya di depan umum tanpa alasan yang jelas, seperti untuk bekerja atau tujuan keagamaan, merupakan tindakan ilegal.

4. Penggunaan Pisau Lipat Dilarang

6 Fakta Mengerikan Peningkatan Penikaman di Inggris

Foto/AP

Dan jenis pisau tertentu sudah termasuk ilegal yakni pisau lipat dan pisau zombi, yang tersedia dalam berbagai ukuran, memiliki tepi tajam dan bergerigi, serta menampilkan teks atau gambar yang menunjukkan bahwa pisau tersebut sebaiknya digunakan untuk melakukan kekerasan, menurut undang-undang tahun 2016 yang melarang penggunaan pisau tersebut.

Undang-undang baru akan berlaku pada bulan September yang melarang penjualan parang dan menutup celah yang telah dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menghindari larangan pisau zombie. Namun, masih harus dilihat apakah undang-undang baru ini akan berdampak besar, karena parang hanya menyebabkan 14 dari 244 kematian akibat penikaman dalam 12 bulan yang berakhir pada Maret 2023 dan pisau bergaya zombie menyebabkan tujuh kematian.

“Pisau lebih sulit diatur daripada senjata dan sudah ada sejumlah besar senjata yang beredar di luar sana meskipun sudah ‘dilarang’,” kata Tony Travers, seorang profesor pemerintahan di London School of Economics.

5. Inggris Dikenal dengan Sejarah Penggunaan Pisau

6 Fakta Mengerikan Peningkatan Penikaman di Inggris

Foto/AP

Sejarah dan statistik menunjukkan adanya masalah yang berkepanjangan di negara ini, yang masih segar dalam ingatan kita akan serangan kendaraan dan pisau pada tahun 2017 di London yang menewaskan delapan orang dan melukai hampir 50 orang. Tiga ekstremis yang terinspirasi oleh kelompok ISIS menyerbu pejalan kaki di Jembatan London dan kemudian menikam orang-orang di sekitar Pasar Borough.

Pembunuhan yang dilakukan dengan alat tajam, termasuk pisau, parang, dan pedang, telah melebihi 200 kasus sejak 12 bulan yang berakhir pada bulan Maret 2016, ketika 210 orang terbunuh dengan cara tersebut, menurut Kantor Statistik Nasional. Jumlah tersebut mencapai rekor tertinggi yaitu 282 dua tahun kemudian dan tetap stabil sejak saat itu, sedikit menurun selama lockdown akibat pandemi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)