9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:49 WIB
loading...
A A A

5. Argentina


Argentina secara historis memiliki hubungan yang kuat dengan Israel dan negara-negara Arab.

Argentina pada 2010 mengakui Negara Palestina sebagai negara yang “bebas dan merdeka” dalam batas-batas yang ada pada tahun 1967.

Presiden baru Argentina Javier Milei mengunjungi Israel pada bulan Februari dan berjanji untuk memindahkan kedutaan negaranya ke Yerusalem, yang menunjukkan perubahan signifikan dalam kebijakan luar negeri Buenos Aires, setelah bertahun-tahun mendukung negara-negara Arab.

Milei juga telah mengumumkan bahwa pemerintahannya akan menyatakan Hamas sebagai kelompok teroris terlarang, dan menyebutkan bahwa warga Argentina termasuk di antara ratusan orang yang disandera oleh kelompok tersebut pada 7 Oktober 2023.

6. Mikronesia


7. Papua Nugini


8. Palau


9. Nauru


Mikronesia, Nauru, dan Palau merupakan negara kepulauan kecil di Pasifik dan secara historis memiliki kesamaan suara dengan Amerika Serikat.

Pada 2010, misalnya, Mikronesia memberikan suara setuju dengan AS sebanyak 47 kali dan hanya berbeda pendapat sebanyak tiga kali.

Rekor perolehan suara di Palau setara dengan Amerika Serikat, yaitu sekitar 96,5 persen.

Richard Gowan, direktur PBB untuk International Crisis Group, mengatakan kepada The National bahwa kelompok pemilih yang “tidak” dalam resolusi PBB pada hari Jumat sebagian besar dapat diprediksi.

Dia menunjukkan bahwa yang mengejutkan adalah sejumlah sekutu AS, seperti Australia, yang tidak mendukung resolusi ini enam bulan lalu, justru memutuskan untuk mendukungnya pada hari Jumat.

“Saya pikir perang yang berkepanjangan di Gaza telah mengubah suasana hati PBB secara keseluruhan mengenai perlunya mencapai solusi dua negara,” katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0636 seconds (0.1#10.140)