9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:49 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2012, negara tersebut, bersama dengan Amerika Serikat, memberikan suara untuk tidak menerima status pengamat bagi Palestina di badan dunia tersebut.

Sebelum pemungutan suara hari Jumat, Duta Besar Israel Gilad Erdan secara fisik memasukkan salinan Piagam PBB ke dalam mesin penghancur untuk menggambarkan apa yang dia katakan sebagai pengabaian Majelis Umum terhadap dokumen tersebut.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengatakan setelah pemungutan suara bahwa keputusan tersebut adalah “hadiah untuk Hamas”.

3. Republik Ceko


Republik Ceko secara historis lebih pro-Israel dan pro-AS.

Perwakilan Republik Ceko di PBB, Jakub Kulhanek, mengatakan kepada 193 negara anggota setelah pemungutan suara pada hari Jumat bahwa masyarakat di wilayah Timur Tengah berhak mendapatkan prospek solusi damai yang akan menyelesaikan konflik secara permanen.

Kulhanek mengatakan bahwa keanggotaan di PBB tidak akan membawa perdamaian dan kesejahteraan bagi warga Palestina, dan menambahkan bahwa hal ini hanya dapat dilakukan di meja perundingan. “Di mana semua pihak perlu mengambil keputusan politik yang sulit dan berkompromi—dan itulah yang sebenarnya harus kita perjuangkan,” ujarnya.

Dia mendorong kawasan tersebut untuk memulai jalur kerja sama termasuk melalui Perjanjian Abraham untuk mendorong masa depan yang lebih baik bagi Timur Tengah.

4. Hongaria


Selain Republik Ceko, Hongaria adalah salah satu sekutu terdekat Israel di Eropa.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban memiliki hubungan dekat dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu selama bertahun-tahun.

Pada bulan Oktober, Hongaria memberikan suara menentang gencatan senjata kemanusiaan di Gaza.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)