Miliarder Investor TikTok Jeff Yass Diduga Danai Kelompok Anti-Muslim dan Pro-Israel

Kamis, 25 April 2024 - 12:39 WIB
loading...
A A A
“The Claws Foundation telah menyumbangkan lebih dari USD300 juta, sebagian besar untuk rumah sakit anak-anak, layanan kesehatan orang dewasa, pendidikan dan seni di Amerika Serikat, dan tidak pernah berusaha memengaruhi kebijakan luar negeri AS,” kata pihak juru bicara Yass dan Dantchik.

“Selain itu, kontribusi Claws sebesar USD31 juta disumbangkan ke Shalom Hartman Institute, salah satu inisiatif apolitis pentingnya adalah membangun jembatan antara komunitas Yahudi dan Muslim. Berfokus pada beberapa kontribusi de minimis akan mendorong narasi palsu yang sesuai dengan agenda yang bias.”

Filantropi Yass juga tampaknya mendekatkan Yass dengan upaya memengaruhi hubungan AS-Israel dan AS-Iran melalui kampanye advokasi dan lobi.

Sebuah kelompok nirlaba, QXZ Inc, adalah sumber pendanaan terbesar yang dapat diidentifikasi untuk upaya American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) untuk menghalangi diplomasi nuklir Gedung Putih dengan Iran selama masa jabatan presiden kedua Barack Obama.

Pada tahun 2015, QXZ Inc menyumbang USD1,5 juta kepada Citizens for a Nuclear Free Iran, kelompok advokasi AIPAC yang menentang Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), sebuah perjanjian antara lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman dan Iran untuk memberlakukan pembatasan pada Program nuklir Iran sebagai imbalan bagi Iran untuk menerima keringanan sanksi.

Vietor meremehkan upaya AIPAC yang menentang JCPOA era Obama, tetapi menyatakan bahwa memilih dan memengaruhi Trump menjadi tujuan beberapa penentang kesepakatan Iran.

“[Para penyandang dana kampanye anti-JCPOA] membakar dana tersebut pada tahun 2015. Mereka tidak mampu mengalahkan Obama secara politik dalam hal mengalahkan JCPOA di Kongres sehingga mereka mengubah taktik dan mendukung Trump,” kata Vietor.

“Trump memilih untuk menarik diri dari JCPOA meskipun banyak penasihatnya mengatakan hal itu akan menjadi bencana dan memang demikian adanya. Iran semakin dekat untuk mendapatkan senjata nuklir.”

Hubungan Yass dengan kelompok yang memberikan dukungan keuangan signifikan terhadap upaya AIPAC tidak dilaporkan sampai sekarang.

Keterkaitan QXZ dengan Yass terungkap ketika Strong Economy for Growth, sebuah kelompok yang berbasis di Massachusetts, menghabiskan USD1,2 juta untuk mendukung pertanyaan pemungutan suara tahun 2016 yang gagal mengenai pencabutan pembatasan sekolah piagam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)