Miliarder Investor TikTok Jeff Yass Diduga Danai Kelompok Anti-Muslim dan Pro-Israel

Kamis, 25 April 2024 - 12:39 WIB
loading...
A A A
Kontribusi tersebut berasal dari Claws Foundation, sebuah entitas di mana Yass menjabat sebagai direktur bersama Arthur Dantchik, salah satu pendiri Susquehanna, dan pengacara Alan P Dye.

Dye tidak membalas panggilan telepon untuk memberikan komentar.

The Kids Connect Charitable Fund—yang tidak mencantumkan Yass atau Dantchik sebagai direkturnya tetapi mencantumkan Claws Foundation sebagai “organisasi terkait bebas pajak” dalam pengajuan IRS dan diidentifikasi sebagai cabang filantropi kedua pria tersebut oleh Haaretz—menyumbangkan USD3,48 juta lagi kepada organisasi induk Jerusalem Online University, Imagination Productions.

Claws Foundation juga mengeluarkan hibah sebesar USD10.000 kepada Friends of the Israel Defense Forces pada tahun 2011 dan hibah sebesar USD35.000, antara tahun 2010 hingga 2011, kepada Center for Security Policy, sebuah kelompok anti-Muslim dan pendukung teori konspirasi yang didirikan oleh Frank Gaffney, yang Southern Policy Law Center menggambarkannya sebagai “salah satu Islamofobia paling terkenal di Amerika” dan Anti-Defamation League menggambarkan sebagai penyebar utama teori konspirasi “bahwa pemerintah AS telah disusupi oleh Ikhwanul Muslimin dan sejumlah tokoh politik telah menjalin ikatan sebenarnya dengan kelompok tersebut”.

Wakil presiden The Center for Security Policy, Clare Lopez, mengatakan: “Ketika umat Islam mengikuti doktrin mereka, mereka menjadi jihadis.”

Pada tahun 2013 hingga 2014, Claws Foundation mengirimkan USD250.000 ke David Horowitz Freedom Center, salah satu promotor utama teori konspirasi anti-Muslim.

Horowitz, nama yang diambil dari nama kelompok tersebut dan menjabat sebagai presidennya, pernah mengeluh bahwa umat Islam adalah “spesies yang dilindungi di negara ini” dan mengatakan bahwa dia “menunggu hari ketika umat Islam yang baik melangkah maju” di sebuah acara di Brooklyn College pada tahun 2011.

“Fakta bahwa Yass menyumbang kepada organisasi Gaffney dan Horowitz menunjukkan betapa ekstremnya politiknya,” kata Tommy Vietor, mantan juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS di bawah Presiden Barack Obama.

“Mereka berada di luar [Donald] Trump. Mereka adalah ahli teori konspirasi OG. Khususnya Gaffney.”

The Claws Foundation juga menyumbangkan USD100.000 ke Central Fund of Israel pada tahun 2014, sebuah kelompok yang digambarkan oleh New York Times sebagai “clearinghouse” untuk pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)