Perang Berkobar di Perbatasan Myanmar dan Thailand, Ada Apa Gerangan?

Sabtu, 20 April 2024 - 20:37 WIB
loading...
Perang Berkobar di Perbatasan Myanmar dan Thailand, Ada Apa Gerangan?
Pasukan pemberontak membidik pasukan junta yang bersembunyi di perbatasan Thailand. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Pertempuran berkobar di perbatasan timur Myanmar dengan Thailand pada Sabtu (20/4;2024). Itu terjadi ketika pemberontak mendesak untuk mengusir pasukan junta yang bersembunyi selama berhari-hari di jembatan penyeberangan perbatasan.

Pejuang perlawanan dan pemberontak etnis minoritas merebut kota perdagangan utama Myawaddy di sisi perbatasan Myanmar pada tanggal 11 April, memberikan pukulan besar terhadap militer yang mempunyai perlengkapan lengkap yang sedang berjuang untuk memerintah dan kini menghadapi ujian kritis terhadap kredibilitas medan perangnya. .

Tiga saksi di sisi perbatasan Thailand dan Myanmar mengatakan mereka mendengar ledakan dan tembakan senapan mesin berat di dekat jembatan strategis sejak Jumat malam dan berlanjut hingga Sabtu pagi.

Beberapa media Thailand melaporkan sekitar 200 orang telah melintasi perbatasan untuk mencari perlindungan sementara di Thailand.

Penyiar Thailand NBT dalam sebuah postingan di platform media sosial X mengatakan pasukan perlawanan menggunakan senapan mesin 40 milimeter dan menjatuhkan 20 bom dari drone untuk menargetkan sekitar 200 tentara junta yang telah mundur dari serangan pemberontak terkoordinasi di Myawaddy dan pos militer sejak 5 April.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan tersebut dan juru bicara junta Myanmar tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.



Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengatakan dia memantau dengan cermat kerusuhan tersebut dan negaranya siap memberikan bantuan kemanusiaan jika diperlukan.

“Saya tidak ingin melihat bentrokan seperti itu berdampak pada integritas wilayah Thailand dan kami siap melindungi perbatasan kami dan keselamatan rakyat kami,” katanya di X. Ia tidak menyebut soal pengungsi.

Militer Myanmar menghadapi tantangan terbesarnya sejak pertama kali mengambil kendali atas bekas jajahan Inggris tersebut pada tahun 1962, terjebak dalam berbagai konflik berintensitas rendah, dan berjuang untuk menstabilkan perekonomian yang telah runtuh sejak kudeta tahun 2021 terhadap pemerintahan peraih Nobel Aung San Suu Kyi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)