Rumah Termahal di Dunia yang Pernah Dimiliki Raja Maroko Dijual Rp7,3 Triliun

Jum'at, 19 April 2024 - 07:17 WIB
loading...
Rumah Termahal di Dunia yang Pernah Dimiliki Raja Maroko Dijual Rp7,3 Triliun
Rumah termahal di dunia yang pernah dimiliki Raja Maroko dijual Rp7,3 triliun. Foto/via Mansion Global
A A A
PARIS - Sebuah kastil Prancis yang terletak di luar Paris, pernah dimiliki oleh keluarga bankir Rothschild dan kemudian dimiliki Raja Hassan II dari Maroko, dijual seharga USD452 juta (lebih dari Rp7,3 triliun). Harga itu menjadikannya tempat tinggal pribadi termahal di dunia.

Menurut Mansion Global, Jumat (19/4/2024), Chateau d'Armainvilliers adalah rumah berbingkai kayu dengan 100 kamar yang berdiri di atas lahan seluas 2.500 hektare dengan sejarah sejak tahun 1100-an sebagai benteng abad pertengahan.

Di bawah kepemilikan bangsawan Maroko, kastil ini mengalami renovasi besar-besaran. Itu termasuk penambahan spa hammam, salon kecantikan dan tata rambut, serta fasilitas medis dan gigi yang lengkap.

Baca Juga: Putra Mahkota Saudi Disebut sebagai Pemilik Rumah Termahal di Dunia

Selain itu, mereka menggabungkan ruang bawah tanah yang menampilkan jaringan terowongan, dapur, ruang pendingin, ruang penyimpanan, dan ruang staf yang luas. Sebuah kandang yang mampu menampung hingga 50 kuda juga telah dibangun.

Mengutip Ignace Meuwissen, seorang penasihat real estate mewah dan salah satu pendiri Whisper Auctions, kastil tersebut terakhir berpindah tangan pada tahun 2008. Transaksi ini terjadi setelah meninggalnya Raja Hassan II pada tahun 1999, ketika putranya dan raja saat ini, Raja Mohammed VI, mewarisi perkebunan tersebut dan kemudian menjualnya seharga €200 juta.

Meuwissen memberi tahu situs web tersebut: “Properti itu dibeli oleh pemilik dari Timur Tengah tetapi tidak pernah digunakan.”

“Ini adalah kastil termahal di Prancis dan mungkin di dunia. Harga €425 juta tidak hanya dibenarkan oleh properti itu sendiri, tetapi juga oleh lahan seluas 1.000 hektare yang menawarkan banyak kemungkinan. Seorang investor dapat membangun ribuan apartemen di sana jika dia mau,” katanya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)