alexametrics

Selandia Baru Tegaskan Dukungannya Terhadap Teritorial Indonesia

loading...
Selandia Baru Tegaskan Dukungannya Terhadap Teritorial Indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan dukungan Selandia Baru terhadap wilayah Indonesia setelah bertemu dengan Menteri Urusan Pasifik Aupito William Sio. Foto/SINDONews/Berlianto
A+ A-
DENPASAR - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Urusan Pasifik Selandia Baru Aupito William Sio di sela-sela gelaran Bali Democracy Forum (BDF) ke-11 di Nusa Dua, Bali. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan follow up dari joint ministerial metting yang dilakukan pada 5 Oktober lalu.

Dikatakan oleh Retno Marsudi, baik dirinya dan Sio melihat hubungan kedua negara semakin kuat."Selandia Baru sekali lagi menekankan dukungannya terhadap territorial integrity of Indonesia," kata Retno, Kamis (6/12/2019).

Dalam kesempatan itu, kedua juga membahas kerja sama dalam konteks counter terrorism karena Selandia Baru merupakan bagian dari kerja sama sub regional untuk countering terrorism.

"Kita berharap bahwa minggu depan akan dapat ditandatangani arrangement countering of terrorism cooperation," ujar Retno.

Selain itu, keduanya juga berbicara mengenai kerja sama triangular untuk Pasifik. Pasalnya, Selandia Baru banyak sekali melakukan aktivitas di Pasifik dan Indonesia juga terus meningkatkan hubungannya di Pasifik.

"Kita akan terus melakukan konsultasi bagaimana kedua negara dapat menyatukan langkah di dalam merekatkan hubungan kita dengan Pasifik," ucap Retno.

Dalam konteks ini, kata Retno, keduanya membahas mengenai rencana Indonesia untuk melakukan Pasific exibition.

"Jadi eksibisi pertama yang diinisiasi oleh Indonesia dengan mengundang negara-negara Pasifik untuk showcasing pottential, potensi yang dimiliki oleh mereka tentunya utamanya adalah potensi ekonomi," tutur Retno.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak