Israel Kewalahan Hadapi Serangan 200 Drone dan Rudal Jelajah Iran

Minggu, 14 April 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A
Dua sumber keamanan di Irak mengatakan puluhan drone terlihat terbang dari Iran menuju Israel di atas wilayah udara Irak dalam apa yang disebut oleh Iran Press TV sebagai “serangan drone ekstensif” yang dilakukan oleh Garda Revolusi.

Channel 12 menayangkan video dari Irak yang konon menunjukkan gelombang drone melintas di langit malam. Beberapa video serupa dibagikan di media sosial.

Sebelumnya pada malam harinya, sebagai pertanda serangan tersebut, Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden AS Joe Biden akan mempersingkat perjalanan akhir pekan ke Delaware untuk mengadakan konsultasi dengan tim keamanan nasionalnya mengenai potensi serangan Iran terhadap Israel.

“Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional saya untuk mendapatkan informasi terkini tentang serangan Iran terhadap Israel. Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat,” tulis Biden di X, sebelumnya Twitter, setelah kembali ke Gedung Putih.

Menteri Pertahanan Biden, Lloyd Austin, menelepon timpalannya dari Israel Yoav Gallant untuk kedua kalinya dalam tiga hari untuk membahas dukungan AS terhadap pertahanan Israel, kata Pentagon.

“Menteri Austin menjelaskan bahwa Israel dapat mengandalkan dukungan penuh AS untuk membela Israel dari segala serangan oleh Iran dan proksi regionalnya,” bunyi pernyataan itu.

Keduanya kemudian berbicara lagi setelah serangan Iran, dan kantor Gallant mengatakan dia memberi tahu Austin “tentang tindakan pertahanan Israel.”

Menteri juga berterima kasih kepada Austin karena berdiri di sisi Israel, dan “menekankan bahwa lembaga pertahanan mempertahankan kesiapan maksimum terhadap upaya serangan lebih lanjut.”

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan juga berbicara dengan penasihatnya Tzachi Hanegbi untuk memperkuat “komitmen kuat” Washington terhadap keamanan Israel.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)