Israel Kewalahan Hadapi Serangan 200 Drone dan Rudal Jelajah Iran

Minggu, 14 April 2024 - 10:20 WIB
loading...
Israel Kewalahan Hadapi Serangan 200 Drone dan Rudal Jelajah Iran
Tentara Israel kewalahan menghadapi serangan 200 drone dan rudal jelajah Iran. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Iran meluncurkan gelombang besar serangan drone dan rudal dari wilayahnya menuju negara Yahudi tersebut, yang merupakan serangan langsung pertama yang dilakukan Republik Islam terhadap Israel. Serangan itu memicu sirene serangan udara di seluruh negeri pada Minggu pagi ketika militer Israel pun kewalahan mencegatnya drone dan rudal jelajah Iran.

Juru Bicara Tentara Pertahanan Israel (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari pertama kali dikonfirmasi pada pukul 11 malam bahwa serangan, yang diperkirakan akan berlangsung beberapa hari, telah dimulai. Dia kemudian mengatakan Iran juga menembakkan rudal ke Israel, sementara “banyak” jet tempur berada di langit untuk melawan serangan Teheran.

Sirene mulai terdengar di komunitas Israel selatan sekitar pukul 1:42 pagi, sebelum meluas ke sebagian besar wilayah negara tersebut. Ledakan keras terdengar di utara dan selatan, serta di Yerusalem dan banyak kota di Tepi Barat bagian utara.

Layanan ambulans Magen David Adom mengatakan petugas medisnya sedang merawat seorang gadis muda di Israel selatan yang terluka akibat pecahan peluru setelah pesawat tak berawak Iran dicegat di wilayah tersebut.

Gadis berusia 7 tahun, dari kota Badui dekat Arad, dibawa ke Rumah Sakit Soroka di Beersheba, di mana dia dinyatakan dalam kondisi serius.

Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi peluncuran puluhan drone dan rudal terhadap sasaran tertentu di Israel, media pemerintah Iran mengutip pernyataan pasukan elit tersebut. Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah mengutip seorang pejabat anonim yang mengatakan bahwa rudal balistik diluncurkan sebagai bagian dari serangan itu.

Hagari mengatakan, secara total, Iran meluncurkan lebih dari 200 proyektil ke Israel, termasuk puluhan rudal balistik.

Menurut juru bicara IDF, sebagian besar rudal dicegat oleh sistem pertahanan udara jarak jauh Arrow. Rudal-rudal tersebut sebagian besar ditembak jatuh di luar wilayah udara Israel, katanya, seraya menambahkan bahwa jet tempur juga mencegat puluhan rudal jelajah dan puluhan drone.

Selain dampak yang melukai gadis muda di Negev, Hagari mengatakan dampak tambahan menyebabkan “kerusakan kecil pada infrastruktur” di pangkalan militer di Israel selatan.

Dalam pernyataan terpisah, IDF menekankan bahwa pihaknya mencegat “sebagian besar” dari puluhan rudal balistik, dan sistem Arrow menembak jatuh mereka sebelum memasuki langit Israel.

“Puluhan pesawat Angkatan Udara terus bekerja pada saat ini untuk mencegat semua ancaman udara yang menuju wilayah Negara Israel,” tambah militer.

Hagari menegaskan kejadian itu belum berakhir. Komando Front Dalam Negeri IDF kemudian mengumumkan bahwa warga Israel di seluruh negeri tidak perlu lagi tinggal di dekat ruangan yang dilindungi, namun mengatakan pembatasan pertemuan dan pembatalan semua kegiatan pendidikan dan perjalanan sekolah tetap berlaku seperti yang diumumkan sebelumnya.

Tiga pejabat AS mengatakan militer Amerika menembak jatuh drone Iran yang menuju Israel, tanpa mengungkapkan berapa banyak drone yang ditembak jatuh atau lokasi tepatnya. Sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan AS yang beroperasi dari pangkalan yang dirahasiakan di wilayah tersebut menembak jatuh sejumlah drone Iran di provinsi Sweida dan Deraa di Suriah selatan dekat perbatasan Yordania.

Jet Yordania menembak jatuh puluhan drone Iran yang terbang melintasi wilayah utara dan tengah Yordania menuju Israel, kata dua sumber keamanan regional dalam bentuk dukungan dramatis dari Amman, yang mengkritik keras tindakan Israel atas perangnya melawan Hamas di Gaza.

Sumber tersebut mengatakan bahwa drone tersebut dijatuhkan di udara di Lembah Yordan sisi Yordania dan sedang menuju ke arah Yerusalem. Lainnya dicegat di dekat perbatasan Irak-Suriah. Mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Inggris mengatakan jet-jet Royal Air Force di Timur Tengah “akan mencegat setiap serangan udara dalam jangkauan misi kami saat ini, sesuai kebutuhan.”

“Sebagai respons terhadap meningkatnya ancaman Iran dan meningkatnya risiko eskalasi di Timur Tengah, Pemerintah Inggris telah bekerja sama dengan mitra di seluruh kawasan untuk mendorong deeskalasi dan mencegah serangan lebih lanjut,” tambah pernyataan itu.

Sumber militer dan keamanan Mesir mengatakan pertahanan udara Mesir dalam keadaan siaga. Mereka menambahkan bahwa Komando Umum militer Mesir telah membentuk tim untuk memantau situasi dan membuat keputusan yang diperlukan mengenai wilayah udara negara tersebut.

Suriah juga menyiagakan sistem pertahanan darat-ke-udara Pantsir buatan Rusia di sekitar ibu kota Damaskus dan pangkalan-pangkalan utama jika terjadi serangan Israel, kata sumber militer Suriah kepada Reuters, menjelaskan bahwa mereka memperkirakan Israel akan membalas terhadap pangkalan dan instalasi militer. tempat milisi pro-Iran bermarkas.

Sementara itu Menteri Pertahanan Iran Mohammad Reza Ashtiani mengancam akan memberikan tanggapan tegas terhadap negara mana pun yang “membuka wilayah udara atau wilayahnya untuk serangan terhadap Iran oleh Israel,” kantor berita semi-resmi Iran, Mehr, melaporkan.

Tak lama setelah tengah malam, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pemimpin pertahanan berkumpul di markas militer di Tel Aviv untuk melakukan penilaian keamanan.

Seorang “pejabat senior Israel” kemudian dikutip oleh berita Channel 12 menjanjikan “tanggapan yang belum pernah terjadi sebelumnya” terhadap serangan Iran dan mendesak warga Israel untuk tidak tidur karena apa yang akan terjadi di Teheran.

Jaringan tersebut juga melaporkan bahwa kabinet keamanan memberi wewenang kepada kabinet perang untuk mengambil keputusan mengenai tanggapan Israel terhadap serangan Iran. Keputusan tersebut berarti bahwa kabinet perang tidak perlu kembali ke kabinet keamanan untuk mendapatkan persetujuan keputusan, sehingga menyederhanakan proses ketika diperlukan pengambilan keputusan yang cepat.

Dalam pernyataan pers sebelumnya, Hagari mengatakan Angkatan Udara sedang melacak drone tersebut, dan mencatat bahwa drone tersebut akan memakan waktu beberapa jam untuk mencapai negara tersebut. Dia mengatakan akan ada gangguan GPS saat militer berupaya mencegat drone tersebut.

“Sistem pertahanan dan serangan Angkatan Udara Israel dalam keadaan siaga, dan puluhan pesawat berada di angkasa – siap dan siap,” kata Hagari, menambahkan: “Kami memiliki susunan pertahanan udara yang sangat baik, tetapi pertahanannya tidak kedap udara. ”



Sirene hanya akan berbunyi jika drone memasuki wilayah udara Israel, di lokasi yang relevan, kata Hagari. Dia menambahkan bahwa IDF akan berusaha mencegat target sedini mungkin.

Dia menambahkan bahwa militer akan memberikan informasi terbaru kepada masyarakat jika ada serangan tambahan yang memerlukan peringatan terpisah.

Channel 12 mengatakan AS adalah pihak pertama yang mengidentifikasi peluncuran tersebut dan segera memberi tahu Israel, sehingga menyebabkan kesibukan dalam beberapa jam terakhir di Israel dan sekitarnya yang menyebabkan penilaian publik secara luas bahwa serangan akan segera terjadi.

Media yang terkait dengan negara di Iran melaporkan bahwa gelombang kedua drone telah diluncurkan ke Israel.

Dua sumber keamanan di Irak mengatakan puluhan drone terlihat terbang dari Iran menuju Israel di atas wilayah udara Irak dalam apa yang disebut oleh Iran Press TV sebagai “serangan drone ekstensif” yang dilakukan oleh Garda Revolusi.

Channel 12 menayangkan video dari Irak yang konon menunjukkan gelombang drone melintas di langit malam. Beberapa video serupa dibagikan di media sosial.

Sebelumnya pada malam harinya, sebagai pertanda serangan tersebut, Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden AS Joe Biden akan mempersingkat perjalanan akhir pekan ke Delaware untuk mengadakan konsultasi dengan tim keamanan nasionalnya mengenai potensi serangan Iran terhadap Israel.

“Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional saya untuk mendapatkan informasi terkini tentang serangan Iran terhadap Israel. Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat,” tulis Biden di X, sebelumnya Twitter, setelah kembali ke Gedung Putih.

Menteri Pertahanan Biden, Lloyd Austin, menelepon timpalannya dari Israel Yoav Gallant untuk kedua kalinya dalam tiga hari untuk membahas dukungan AS terhadap pertahanan Israel, kata Pentagon.

“Menteri Austin menjelaskan bahwa Israel dapat mengandalkan dukungan penuh AS untuk membela Israel dari segala serangan oleh Iran dan proksi regionalnya,” bunyi pernyataan itu.

Keduanya kemudian berbicara lagi setelah serangan Iran, dan kantor Gallant mengatakan dia memberi tahu Austin “tentang tindakan pertahanan Israel.”

Menteri juga berterima kasih kepada Austin karena berdiri di sisi Israel, dan “menekankan bahwa lembaga pertahanan mempertahankan kesiapan maksimum terhadap upaya serangan lebih lanjut.”

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan juga berbicara dengan penasihatnya Tzachi Hanegbi untuk memperkuat “komitmen kuat” Washington terhadap keamanan Israel.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)