Ribuan Masyarakat Indonesia Rayakan Idulfitri di KBRI Bangkok

Rabu, 10 April 2024 - 15:49 WIB
loading...
Ribuan Masyarakat Indonesia Rayakan Idulfitri di KBRI Bangkok
Ribuan umat Islam di Thailand melaksanakan salat Idulfitri di KBRI Bangkok. Foto/KBRI Bangkok
A A A
BANGKOK - Lebih dari 2.000 masyarakat Indonesia melaksanakan salat Idulfitri 1445 H bertepatan dengan 10 April 2024 di lapangan sepakbola KBRI Bangkok . Pelaksaan salat Idulfitri di KBRI Bangkok dimulai pada pukul 07.00 pagi mempertimbangkan cuaca di Bangkok telah memasuki musim panas atau bertepatan dengan perayaan tahun baru Thailand Songkran yang biasanya dirayakan dengan perayaan air.

Alunan takbir, tasbih dan tahmid terdengar dikumandangkan dengan penuh khidmat mulai dari malam hingga menjelang pelaksanaan salat Idulfitri 1445 H. Di antara masyarakat Indonesia yang hadir, antara lain Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand beserta Ibu Tanty Rachmat Budiman.

Ribuan Masyarakat Indonesia Rayakan Idulfitri di KBRI Bangkok

Foto/KBRI Bangkok

Bertindak sebagai imam pada salat Idulfitri adalah Ustadz Zulfirman dan khatib Ustad Novi Maulana, selaku Da’i Ambassador yang ditempatkan Yayasan Dompet Duafa untuk melakukan syiar islam di Thailand selama bulan Ramadhan.

Inti khutbah yang bertema “Makna Idulfitri bagi Keseharian Hidup dan Kehidupan Masyarakat” adalah tiga yaitu 1) manusia memiliki tugas pokok sebagai hamba Allah untuk tunduk patuh kepada Allah, 2) menjaga dan melestarikan fungsi keberadaan manusia sebagai khalifah di muka bumi yaitu mengatur dan memakmurkan urusan-urusan tatanan kehidupan dunianya, mulai dari kehidupan diri sendiri, kehidupan keluarga, kehidupan sosial bermasyarakat dan interaksi berbangsa dan bernegara, dan 3) manusia sebagai mahluk sosial dengan senantiasa saling kenal, tolong-menolong, menghadirkan rasa empati, simpati dan peduli tidak hanya terhadap sesama manusia bahkan terhadap seluruh ciptaan Allah.

Setelah selesai melaksanakan salat Idulfitri, masyarakat Indonesia secara teratur dan penuh suka cita mulai memasuki Wisma Duta Besar RI Bangkok untuk bersilaturahmi dengan Duta Besar RI dan Ibu Tanty Rachmat Budiman. Kegiatan silaturahmi Masyarakat Indonesia dengan Duta Besar RI Bangkok tidak hanya diikuti oleh masyarakat muslim Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia lainnya yang non-muslim serta friends of Indonesia di Thailand.

Suasana hangat dan penuh kekeluargaan sangat terasa pada acara silaturahmi tersebut. Dalam suasana penuh suka cita warga Indonesia saling bermaaf-maafan, bercengkerama, dan bersenda gurau satu sama lain sambil menikmati santapan khas Hari Raya Idulfitri seperti rendang, ikan balado, ayam goreng, sayur lontong dan bakso. Tidak lupa disajikan pula hidangan penutup yaitu es campur dan es krim sebagai pelepas dahaga di tengah panasnya udara musim panas Thailand.



Ribuan Masyarakat Indonesia Rayakan Idulfitri di KBRI Bangkok

Foto/KBRI Bangkok

Hidangan lebaran ini merupakan penawar rindu warga Indonesia yang sedang berada jauh dari tanah air dan sanak saudara di Indonesia. Momen silaturahmi ini menjadi momen yang sangat tepat untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan sesama warga negara Indonesia di negeri Gajah Putih Thailand.

Pada tahun ini, panitia Ramadan Masjid As-Syafir KBRI Bangkok telah menerima dan menyalurkan zakat fitrah warga Indonesia di Thailand kepada yang mustahiq khususnya WNI dan warga keturunan Indonesia yang sudah uzur dan miskin di Provinsi Udon Thani, Kamphaeng Phet, Samut Prakarn, Pathum Thani dan Bangkok dan termasuk disalurkan ke masjid-masjid yang memiliki hubungan psikologis dengan KBRI Bangkok yaitu Masjid Indonesia, Masjid Jawa, Masjid Darul Aman Phyathai dan Masjid Al-Khoiriyah Bantadthong.

Sementara penyaluran zakat warga, selain disalurkan ke para muallaf dan warga keturunan Indonesia yang uzur, juga di salurkan ke Yayasan Yatim Piatu Al Kautsar di Samut Prakarn dan ke Indonesia untuk dua anak yatim berkebutuhan khusus di daerah Pekalongan serta sejumlah besar disalurkan melalui Yayasan Dompet Dhuafa Republika di Indonesia guna mendukung pengembangan dakwah, program pendidikan dan kesehatan serta kebutuhan air bersih di wilayah Indonesia Timur.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)