4 Alasan Meksiko Putus Hubungan dengan Ekuador

Rabu, 10 April 2024 - 22:22 WIB
loading...
4 Alasan Meksiko Putus Hubungan dengan Ekuador
Ekuador mengalami krisis diplomatik dengan Meksiko. Foto/Reuters
A A A
QUITO - Meksiko tiba-tiba menghentikan hubungan bilateral dengan Ekuador karena perselisihan diplomatik yang meningkat, setelah polisi Ekuador memaksa masuk ke kedutaan Meksiko di Quito untuk menangkap mantan wakil presiden atas tuduhan korupsi.

4 Alasan Meksiko Putus Hubungan dengan Ekuador

1. Mantan Wakil Presiden Ekuador Bersembunyi di Kedutaan Meksiko

4 Alasan Meksiko Putus Hubungan dengan Ekuador

Foto/Reuters

Melansir Reuters, polisi bersenjata berat dan mengenakan balaclava menyerbu kedutaan Meksiko pada Jumat malam untuk menangkap Jorge Glas, mantan wakil presiden sayap kiri Ekuador, yang dicari atas tuduhan korupsi.

Glas telah tinggal di kedutaan tersebut sejak Desember, setelah meminta suaka di negara Amerika Utara tersebut, yang baru diberikan oleh Meksiko pada hari Jumat.

Ekuador, yang meminta izin Meksiko untuk memasuki kedutaan pada awal Maret untuk menahan Glas, berpendapat bahwa tawaran suaka itu ilegal, karena berdasarkan hukum internasional, orang yang menghadapi dakwaan tidak boleh diberikan suaka.

Meksiko, yang Presidennya Andres Manuel Lopez Obrador segera menghentikan hubungan dengan Ekuador setelah penggerebekan itu, mengatakan pihaknya mempelajari kasus Glas dengan cermat.

Penangkapan itu mengakhiri ketegangan yang meningkat selama seminggu antara kedua negara Amerika Latin, setelah Quito menyatakan duta besar Meksiko sebagai persona non grata, mengutip komentar “yang disayangkan” dari kelompok sayap kiri Lopez Obrador.

Presiden Meksiko telah membandingkan kekerasan terkait pemilu di kedua negara, dan menuduh pembunuhan calon presiden Ekuador Fernando Villavicencio tahun lalu dikaitkan secara tidak adil dengan kandidat sayap kiri dalam pemilu tersebut, yang kemudian kalah. Lopez Obrador lebih lanjut menyalahkan apa yang disebutnya sebagai media yang korup atas apa yang ia gambarkan sebagai manipulasi pemilu.

Media sering menjadi sasaran kemarahan Lopez Obrador selama hampir enam tahun masa jabatannya.


2. Bermotif Politik

4 Alasan Meksiko Putus Hubungan dengan Ekuador

Foto/Reuters

Glas, yang menjabat wakil presiden pada masa pemerintahan Rafael Correa antara tahun 2013 dan 2017, telah dua kali dihukum dalam kasus korupsi dan kini menghadapi dakwaan baru atas penyalahgunaan sumber daya publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)