Deretan Dukungan Militer AS untuk Israel

Rabu, 10 April 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Akhir bulan lalu, Washington membatalkan perlindungan tradisionalnya terhadap Israel dengan tidak melakukan pemungutan suara mengenai resolusi yang menuntut gencatan senjata, dan bukannya memberikan veto, meskipun Washington menggambarkan teks singkat tersebut sebagai resolusi yang 'tidak mengikat.'

Washington telah memihak Israel dalam hal lain. Mantan Presiden Partai Republik Donald Trump menarik Amerika Serikat dari badan hak asasi manusia paling penting di dunia, Dewan Hak Asasi Manusia PBB, sebagai protes atas kritik mereka terhadap perlakuan Israel terhadap warga Palestina.

Juga di bawah kepemimpinan Trump, mereka meninggalkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB, sebagian karena apa yang disebut oleh pemerintahannya sebagai bias terhadap Israel.

Trump juga membalikkan kebijakan AS selama beberapa dekade pada tahun 2017 dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Status Yerusalem – tempat suci bagi agama Muslim, Yahudi dan Kristen – telah menjadi salah satu hambatan terbesar untuk mencapai perjanjian damai antara Israel dan Palestina.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)