AS Protes 37% Anggota NATO Tak Penuhi Janji

Selasa, 09 April 2024 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Polandia tahun lalu membelanjakan 3,9% produk domestik brutonya untuk militer, yang merupakan angka tertinggi di antara seluruh anggota blok tersebut.

Presiden Polandia Andrzej Duda baru-baru ini mengusulkan peningkatan ambang batas belanja minimum menjadi 3%, dengan alasan 2% “tidak lagi cukup.”

Amerika berada di urutan kedua dengan 3,49% PDB-nya. Namun, jika dilihat dari jumlah anggaran militernya, anggaran militernya lebih dari dua kali lipat gabungan seluruh anggota blok lainnya, yakni sebesar USD860 miliar.

Saat berkampanye bulan lalu, mantan Presiden AS Donald Trump menyarankan agar Washington hanya memenuhi komitmen perjanjiannya terhadap anggota NATO yang “bersikap adil”.

Trump pernah mengatakan kepada salah satu anggota blok tersebut bahwa dia akan mendorong Rusia “melakukan apa pun yang ingin mereka lakukan ke negara-negara yang “nakal.”

Dalam pidatonya di Georgetown, Smith berpendapat NATO telah berhasil “berbagi beban” dalam kasus Ukraina.

“Meskipun AS telah memberikan sekitar USD75 miliar bantuan militer ke Kiev, negara-negara Eropa yang menjadi anggota blok tersebut menyumbang sekitar USD110 miliar,” ujar dia.

Utusan AS juga berpendapat dua tahun terakhir adalah masa yang “transformatif,” dan mencatat reorientasi NATO dari perang ekspedisi menjadi menentang Rusia di Eropa.

Pada saat yang sama, dia menunjukkan blok tersebut telah memperbarui strategi keamanannya untuk memandang China sebagai potensi ancaman dan menjangkau “mitra di Indo-Pasifik” untuk melawannya.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)