4 Negara Arab yang Pernah Jadi Peserta Miss Universe, Nomor Terakhir Juara

Senin, 08 April 2024 - 20:20 WIB
loading...
4 Negara Arab yang Pernah Jadi Peserta Miss Universe, Nomor Terakhir Juara
Rumy Alqahtani akan mengikuti Miss Universe mewakili Arab Saudi. Foto/Instagram
A A A
RIYADH - Terdapat sejumlah negara Arab yang pernah jadi peserta Miss Universe . Salah satu perwakilannya bahkan sukses keluar sebagai pemenang.

Baru-baru ini, heboh kabar mengenai Arab Saudi yang dikatakan bakal mengikuti Miss Universe 2024. Jika benar terjadi, momen ini akan menandai partisipasi pertama kali Arab Saudi dalam gelaran tersebut.

Kendati belum dipastikan keikutsertaannya, kabar bergabungnya Arab Saudi telah menuai beragam reaksi. Tak sedikit yang mengkritisinya karena menganggap Riyadh semakin condong dengan budaya Barat.

Terlepas dari kabar keikutsertaan Arab Saudi, sebelumnya sudah ada sejumlah negara Arab lain yang lebih dulu mengikuti Miss Universe. Berikut ini di antaranya yang bisa diketahui.

Negara Arab yang Pernah Jadi Peserta Miss Universe

1. Bahrain

Bahrain pertama kali mengikuti Miss Universe pada 2021 lalu. Jika kembali mengikuti Miss Universe edisi 2024, hal ini akan menjadi partisipasi keempatnya dalam kontes tersebut.

Pada 2021, Bahrain diwakili oleh Manaar Nadeem Deyani. Kemudian di 2022, wakilnya adalah Evlin Khalifa.

Sementara untuk edisi 2023, wakilnya adalah Lujane Yacoub. Namun, sepanjang keikutsertaannya, wakil Bahrain belum mencatatkan kemenangan.


2. Mesir

Mesir menjadi salah satu negara Arab yang paling sering mengikuti Miss Universe. Menjalani debut pada 1987, Kairo setidaknya sudah berpartisipasi dalam 28 edisi.

Meski sempat beberapa kali menarik diri, Mesir kembali mengikuti ajang Miss Universe. Pada edisi terakhir 2023, negara ini diwakili oleh Mohra Tantawy.

3. Maroko

Maroko pertama kali mengikuti Miss Universe pada 1957. Sepanjang riwayatnya, mereka sudah berpartisipasi sekitar 9 kali.

Adapun terakhir kali Maroko ikut ajang tersebut adalah pada 2021. Waktu itu, wakilnya adalah Fatima Zahra Khayat.

4. Lebanon

Berikutnya ada Lebanon. Negara ini juga sudah banyak mengikuti Miss Universe.

Melihat ke balakang, Lebanon setidaknya sudah ikut dalam 43 edisi Miss Universe. Debutnya berlangsung pada 1955.

Berbeda dengan sejumlah negara di atas, perwakilan Lebanon pernah menjadi pemenang. Momen ini terjadi pada 1971, tepatnya ketika Georgina Rizk yang mewakili Lebanon keluar sebagai juara.

Itulah sejumlah negara Arab yang pernah jadi peserta Miss Universe. Jika Arab Saudi benar bergabung, mereka akan menambah deretan panjang negara Arab yang berpartisipasi dalam kontes tersebut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)