CIA Tuduh Mohammed bin Salman Otak Pembunuhan Khashoggi

Minggu, 18 November 2018 - 09:26 WIB
CIA Tuduh Mohammed bin Salman Otak Pembunuhan Khashoggi
CIA Tuduh Mohammed bin Salman Otak Pembunuhan Khashoggi
A A A
WASHINGTON - Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS) menuduh Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sebagai dalang di balik pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Jenderal Arab Saudi Istanbul pada Oktober silam.

Namun, Pemerintah Arab Saudi membantah tuduhan tersebut. Seperti dilansir cnn.com, pejabat senior CIA mengeluarkan tuduhan itu berdasarkan rekaman audio yang dimiliki Pemerintah Turki dan bukti lainnya, termasuk hasil penyelidikan intelijen AS.

Dia mengatakan, operasi pembunuhan terorganisasi tidak akan pernah terjadi tanpa sepengetahuan pejabat tinggi Arab Saudi. Laporan serupa juga dikeluarkan media AS, washingtonpost.com. Namun, sejauh ini laporan itu tidak dapat diverifikasi dan hanya menjadi spekulasi.

“Klaim ini keliru. Kami terus mendengar beragam teori tanpa dibarengi bukti yang jelas, kuat, dan nyata,” ungkap Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk AS. CIA menyatakan saudara Mohammed, Khalid bin Salman, meminta Khashoggi untuk mengunjungi Konsulat Jenderal Arab Saudi melalui sambungan telepon.

Dia dituduh melakukannya atas permintaan Mohammed. Namun, di Twitter, Khalid menepis tuduhan CIA dan mengaku tidak pernah menelepon Khashoggi. “Saya tidak pernah ber bicara kepadanya melalui sambungan telepon dan pastinya tidak pernah memintanya untuk pergi ke Turki atas alasan apa pun. Saya mendesak Pemerintah AS untuk merilis informasi terkait tuduhan ini,” kata Khalid.

Dia mengaku terakhir kali melakukan kontak pada Oktober 2017. Pernyataan serupa juga dikeluarkan Juru Bicara (Jubir) Kedubes Arab Saudi untuk AS, Fatimah Baeshen.

Selain itu, CIA menuduh salah satu tersangka pembunuh Khashoggi, Maher Mutreb yang juga aparat keamanan Kerajaan Arab Saudi, menghubungi orang terdekat Mohammed untuk memberi tahu misi selesai. Kamis (15/11), Kantor Kejaksaan Umum Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati kepada lima dari 11 terdakwa pembunuhan Khashoggi karena terlibat langsung.

Korban tewas setelah diikat dan disuntik dengan obat penenang secara overdosis. Jenazahnya kemudian dimutilasi dan dibuang sedikitnya oleh lima orang. Berdasarkan hasil penyelidikan polisi Turki, pembunuhan itu dilakukan secara terencana dengan melibatkan para ahli di berbagai bidang.

Temuan ini dibeberkan langsung Presiden Recep Tayyip Erdogan di hadapan anggota parlemen. Hanya, aparat Turki tidak dapat mengungkap apa motif kasus tersebut. Para penyelidik di Turki juga tidak mampu menemukan jasad korban. Aparat Kepolisian Turki masih perlu menyelidiki lebih jauh dan memerlukan kerja sama Arab Saudi.

Kerajaan Arab Saudi sebelumnya mengakui Khashoggi tewas terbunuh di Konsulat Jenderal Arab Saudi setelah terlibat perkelahian hebat. Pembunuhan itu dilakukan secara terencana berdasar temuan ada tiga tim yang berjumlah 15 orang asal Arab Saudi memasuki Istanbul melalui jalur udara sebelum Khashoggi tewas dibunuh.

Erdogan mengungkapkan, sehari sebelum eksekusi, beberapa anggota pergi mengamati hutan Belgrad dekat konsulat. Pascapembunuhan, polisi Turki juga mencoba menyisir hutan Belgrad untuk mencari jasad Khashoggi, namun hasilnya nihil.

CCTV di konsulat juga dilumpuhkan. Erdogan berjanji akan menyelidiki kasus ini sampai tuntas. Sebagian ahli menduga Khashoggi dibunuh agen intelijen Arab Saudi di bawah komando Mohammed.

Seorang pejabat Arab Saudi yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan Khashoggi tewas dicekik setelah menolak pulang ke Arab Saudi. Jasadnya dimutilasi ahli forensik sambil mendengarkan musik, lalu dibungkus dan diberikan kepada “mitra” lokal untuk dibuang. Namun, informasi itu tidak dapat diverifikasi.

Raja Salman mengeluarkan instruksi untuk melakukan evaluasi, restrukturisasi, dan reformasi Badan Intelijen. Sejak kasus ini mendunia, Pemerintah Arab Saudi memecat pejabat tinggi Badan Intelijen sekalipun merupakan orang kepercayaan kerajaan salah satunya Wakil Kepala Mayor Jenderal Ahmed Al-Siri.

Pejabat tinggi Turki meyakini jasad Jamal Khashoggi dilenyapkan dengan menggunakan zat asam setelah dimutilasi untuk menghilangkan jejak secara menyeluruh. Faktanya, jasad korban sulit dilacak.

Meski tidak ada bukti forensik, penasihat Presiden Turki Yasin Aktay mengatakan, cara itu lebih mudah dan efektif. Mohammed bin Salman dicurigai sejumlah kepala negara Barat, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Pasalnya, hasil penyelidikan dan pelacakan menuntun penyelidik berujung pada kantor pejabat tinggi Arab Saudi. Tapi, tuduhan tersebut tidak dapat dibuktikan. Mohammed bin Salman dikenal luas sebagai penguasa Arab Saudi.

Dia menuntaskan berbagai tugas tingkat tinggi, terutama terkait keamanan negara. Alumnus Universitas King Saud itu juga menjadi motor perubahan nasional dengan mengeluarkan Visi 2030, program reformasi sosial dan diversifikasi ekonomi di Arab Saudi.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4718 seconds (0.1#10.140)