Rudal dan Drone Rusia Hujani Kharkiv, 2 Peluncur Roket Ganda Ukraina Hancur, 8 Tewas

Minggu, 07 April 2024 - 05:52 WIB
loading...
Rudal dan Drone Rusia Hujani Kharkiv, 2 Peluncur Roket Ganda Ukraina Hancur, 8 Tewas
Sejumlah rudal dan erone Rusia menghujani Kharkiv, menghancurkan dua peluncur roket ganda Ukraina dan menewaskan 8 orang. Foto/via Sky News
A A A
KYIV - Sekitar 32 drone dan enam rudal Rusia menghujani wilayah Kharkiv, Ukraina, pada Jumat malam dan Sabtu. Serangan ini menghancurkan dua peluncur roket ganda Uragan milik Kyiv, menewaskan delapan orang, dan menyebkan 12 lainnya terluka.

Dua peluncur buatan Soviet tersebut diparkir di dekat Planeta Mall di barat laut kota Kharkiv ketika serangan terjadi.

Serangan rudal dan drone terhadap kota terbesar kedua di Ukraina tersebut juga merusak bangunan tempat tinggal, pompa bensin, taman kanak-kanak, kafe, toko dan sejumalah mobil. Demikian disampaikan Gubernur Wilayah Kharkiv Oleh Syniehubov, yang dikutip Sky News, Minggu (7/4/2024).



Komandan Angkatan Udara Ukraina Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk mengatakan Rusia menembakkan 32 drone Shahed buatan Iran dan enam rudal.

Menurutnya, pasukan pertahanan udara Ukraina menembak jatuh tiga rudal jelajah dan 28 drone Rusia.

“Pembunuh Rusia terus meneror warga Ukraina dan menyerang Kharkiv serta kota-kota damai lainnya,” katanya.

Militer Rusia belum mengomentari serangan tersebut namun mengatakan militer Ukraina menembakkan roket Vampir ke Rusia pada Sabtu pagi.

Serangan Rusia ke Kharkiv terjadi setelah Ukraina melakukan serangan terkoordinasi pada Jumat dini hari terhadap pangkalan udara militer di Rusia, dengan sasaran pesawat tempur Moskow.

Operasi tersebut termasuk serangan terhadap pesawat pengebom tempur Su-34, yang telah digunakan oleh militer Moskow untuk menyerang pasukan Kyiv di Ukraina, kata sumber Ukraina kepada Sky News.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)