6 Bulan Perang Gaza, Kenapa Israel Makin Terisolasi?

Sabtu, 06 April 2024 - 15:01 WIB
loading...
6 Bulan Perang Gaza, Kenapa Israel Makin Terisolasi?
Israel makin terisolasi karena kekejamannya di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Enam bulan setelah perang di Gaza, terbunuhnya sekelompok pekerja bantuan oleh serangan udara Israel menyimpulkan krisis kemanusiaan yang mengerikan dan tidak adanya jalan keluar yang jelas dari konflik yang terjadi. Itu semua membuat Israel semakin terisolasi.

Serangan pada Senin malam yang menewaskan tujuh staf kelompok bantuan World Central Kitchen (WCK), termasuk enam orang asing, telah membuat marah bahkan beberapa sekutu terdekat Israel, sehingga menambah tekanan untuk mengakhiri pertempuran.

Militer Israel telah mengakui serangan itu dilakukan secara keliru oleh pasukannya dan meminta maaf atas kematian tujuh orang yang “tidak disengaja”, termasuk warga negara Inggris, Australia dan Polandia, warga negara ganda AS-Kanada, dan seorang rekan Palestina, dilansir Reuters.

Namun hal ini tidak banyak mengurangi kekhawatiran di luar negeri, dimana opini publik bahkan di negara-negara yang secara tradisional bersahabat seperti Inggris, Jerman atau Australia telah menentang kampanye Israel di Gaza, yang diluncurkan setelah serangan pimpinan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Presiden Joe Biden, yang mendapat tekanan dari pendukungnya sendiri untuk mengakhiri pertempuran, mengatakan dia marah dengan serangan konvoi tersebut. Pada hari Kamis, setelah pembicaraan telepon dengan Netanyahu, Gedung Putih menuntut “langkah-langkah nyata dan terukur untuk mengurangi kerugian sipil” dan mengatakan dukungan AS di masa depan akan ditentukan oleh tindakan Israel.

Pada hari Jumat, Netanyahu memerintahkan pembukaan kembali penyeberangan Erez ke Gaza utara dan penggunaan sementara pelabuhan Ashdod di Israel selatan serta meningkatkan akses bantuan Yordania melalui penyeberangan Kerem Shalom di Gaza selatan.

Dengan hancurnya Gaza, sebagian besar dari 2,3 juta penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka dan sekarang bergantung pada bantuan untuk bertahan hidup, sebuah penghinaan yang pahit selama bulan suci Ramadhan ketika umat Islam di seluruh dunia mengonsumsi makanan tradisional Ramadhan dan makanan penutup untuk berbuka puasa setelahnya. matahari terbenam.

“Kami mempunyai beberapa harapan sebelum Ramadhan namun harapan itu sirna pada malam sebelum bulan puasa dimulai,” kata Um Nasser Dahman, 33 tahun, yang sekarang tinggal bersama keluarganya yang beranggotakan lima orang di sebuah tenda kemah di kota Rafah di bagian selatan, di mana lebih dari 100 orang tinggal di sana.

“Sebelum perang, kami cukup berkecukupan, namun kami kini bergantung pada terbatasnya bantuan yang ada dan keluarga kami,” katanya melalui pesan.

Bahkan sebelum serangan terhadap konvoi tersebut, Israel telah diisolasi secara diplomatis, dengan Majelis Umum PBB berulang kali menyerukan gencatan senjata kemanusiaan, dan berada di bawah tekanan berat untuk meningkatkan pengiriman bantuan di Gaza, di mana kelompok bantuan mengatakan kelaparan akan segera terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)