5 Kelompok Pejuang Syiah Paling Disegani di Timur Tengah, Ada yang Pernah Perang Lawan ISIS

Sabtu, 06 April 2024 - 14:01 WIB
loading...
5 Kelompok Pejuang Syiah Paling Disegani di Timur Tengah, Ada yang Pernah Perang Lawan ISIS
Pejuang Hizbullah menggelar latihan militer di Lebanon. Foto/REUTERS
A A A
BAGHDAD - Terdapat sejumlah kelompok pejuang Syiah paling disegani di Timur Tengah. Beberapa di antaranya pernah bertempur melawan Negara Islam (ISIS).

Pada perkembangannya, telah muncul banyak kelompok pejuang bersenjata di dunia. Sebagian besar di antaranya cukup sering dijumpai di kawasan Timur Tengah yang memang rentan konflik.

Melihat ragam jenisnya, kelompok pejuang ini punya ideologi dan paham yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah pejuang yang berlandaskan Syiah. Berikut ini lima di antaranya yang disegani di Timur Tengah.

PejuangSyiah Paling Disegani di Timur Tengah

1. Hizbullah


Bicara kelompok pejuang berpaham Syiah, sebagian orang mungkin akan langsung tertuju kepada Hizbullah. Kelompok yang berbasis di Lebanon ini menjadi salah satu organisasi paling disegani di Timur Tengah.

5 Kelompok Pejuang Syiah Paling Disegani di Timur Tengah, Ada yang Pernah Perang Lawan ISIS


Mengutip Reuters, Sabtu (6/4/2024), Hizbullah memiliki kedekatan tak biasa dengan Iran. Kemunculannya pada 1982 bahkan tidak dapat dilepaskan dari Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

Pada pendiriannya, Hizbullah hadir untuk melawan pendudukan Israel di Lebanon Selatan. Waktu itu, keberadaannya mendapat banyak dukungan dari kalangan Muslim Syiah yang tinggal di Lebanon Selatan.

Bersama dukungan kuat dari Iran, Hizbullah pun mulai berbagi ideologi yang sama dengan negara tersebut. Seiring waktu, mereka pun merekrut orang-orang yang didominasi penganut Syiah di Lebanon.

Berkaca pada kondisi di atas, Hizbullah akhirnya lebih dikenal sebagai kelompok pejuang sekaligus partai politik berpaham Syiah di Lebanon. Sampai sekarang, pengaruh dari keberadaanya masih sangat disegani, termasuk di luar Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)