Lima Aktor Utama Pembunuhan Khashoggi Terancam Hukuman Mati

Kamis, 15 November 2018 - 20:06 WIB
Lima Aktor Utama Pembunuhan Khashoggi Terancam Hukuman Mati
Lima Aktor Utama Pembunuhan Khashoggi Terancam Hukuman Mati
A A A
RIYADH - Jaksa penuntut umum Arab Saudi menuturkan, 11 orang telah terbukti melakukan atau terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi. Lima diantaranya, yang disebut sebagai sosok yang memerintahkan dan mengawasi pembunuhan Khashoggi, terancam hukuman mati.

Dalam sebuah pernyataan, Jaksa mengatakan bahwa pembunuhan Khashoggi sudah direncanakan sejak 29 September atau sepekan jelang kolumnis Washington Post itu mendatangi Konsulat Saudi di Istanbul. Jaksa lalu menyebut, seseorang menonaktifkan kamera pengintai di konsulat sebelum pembunuhan itu terjadi.

Juru bicara jaksa penuntut umum Saudi, Shaalan al- Shaalan menyatakan, orang yang memerintahkan pembunuhan adalah kepala tim negosiasi yang dikirim untuk memulangkan Khashoggi.

"Khashoggi dibunuh setelah "negosiasi" untuk membawa dia kembali ke Saudi gagal dan orang yang memerintahkan pembunuhan adalah kepala tim negosiasi yang dikirim untuk memulangkan Khashoggi. Keberadaan tubuh Khashoggi tetap tidak diketahui," ucap Shaalan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (11/15).

Shalan lalu menuturkan bahwa pihaknya akan meminta lima orang yang memerintahkan dan mengawasi pembunuhan Khashoggi untuk dijatuhi hukuman mati.

"Jaksa telah meminta hukuman mati untuk lima orang yang dituduh memerintahkan dan melakukan kejahatan dan untuk hukuman yang sesuai bagi individu lain yang terlibat," ungkapnya.

Dia kemudian mengatakan, Saudi telah meminta Turki untuk memberikan mereka bukti dan rekaman suara yang berkaitan dengan kasus tersebut. Jaksa menyebut masih menunggu Turki untuk memenuhi permintaan mereka.

Dirinya menambahkan, Larangan perjalanan telah diberlakukan pada seorang pembantu utama putra mahkota, Saud al-Qahtani. Shaalan menyebut, al-Qahtani diduga terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, namun penyelidik masih mencari tahu perannya dalam kasus ini.

Sebelumnya, jaksa menyatakan bahwa jasad Jamal Khashoggi dipotong-potong setelah dia dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul. Menurut jaksa lima dari 11 itu adalah orang-orang yang membawa tubuh Khashoggi ke luar konsulat, dan satu orang lainya memberikan mayatnya kepada kolaborator lokal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3753 seconds (0.1#10.140)