alexametrics

Kerusuhan di Penjara Tajikistan, 20 Napi dan 2 Sipir Tewas

loading...
Kerusuhan di Penjara Tajikistan, 20 Napi dan 2 Sipir Tewas
Sekitar 20 tahanan dan dua penjaga tewas dalam bentrokan di sebuah penjara keamanan maksimum di kota Khujand, Tajikistan utara. Foto/Ilustrasi
A+ A-
DUSHANBE - Sekitar 20 tahanan dan dua penjaga tewas dalam bentrokan di sebuah penjara keamanan maksimum di kota Khujand, Tajikistan utara. Hal itu dikatakan oleh dua sumber keamanan yang mengetahui kejadian tersebut.

Penjara di kota terbesar kedua di Tajikistan itu adalah rumah bagi para tahanan yang menjalani hukuman panjang untuk kejahatan serius termasuk ekstremisme dan pembunuhan.

Salah satu sumber mengatakan bahwa "sekitar 20 tahanan" tewas dalam bentrokan yang juga merenggut nyawa dua penjaga. Sumber kedua mengkonfirmasi jumlah korban dan mengatakan enam penjaga lainnya telah terluka.

"Kerusuhan yang melibatkan puluhan tahanan terjadi Rabu malam dan berlanjut hingga Kamis," kata salah satu sumber keamanan seperti dikutip dari AFP, Kamis (8/11/2018), meminta identitasnya disembunyikan.

Sumber lain mengatakan kerusuhan itu dimulai ketika para tahanan menyita alat pemotong benda dari sebuah lokakarya di penjara.

Pemerintah negara pecahan Uni Soviet itu belum mengkonfirmasi baik kerusuhan penjara tersebut ataupun jumalah korban tewas.

Penjara di Khujand, yang terletak sekitar 300 kilometer di sebelah utara ibu kota Dushanbe, di masa lalu menjadi saksi pembobolan penjara.

Pada 2016, seorang penjaga dan seorang tahanan tewas setelah tiga narapidana berinisiatif untuk membobol penjara tersebut.

Saat itu kementerian dalam negeri Tajikistan mengatakan para tahanan berencana untuk bergabung dengan ISIS.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak