Serang Pasukan Penjaga Perdamaian di Lebanon, Israel Dianggap Mencari Musuh Baru

Minggu, 31 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
Serang Pasukan Penjaga Perdamaian di Lebanon, Israel Dianggap Mencari Musuh Baru
Israel menarget pasukan penjaga perdamaian di Lebanon UNFIL. Foto/Reuters
A A A
BEIRUT - Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk ledakan yang menargetkan patroli Kelompok Pengamat Lebanon (OGL) dan melukai tiga pengamat militer PBB dan seorang asisten bahasa. Itu menunjukkan Israel sedang mencari musuh baru.

Kecaman Antonio Guterres terhadap ledakan tersebut disorot dalam pernyataan dari kantor juru bicaranya yang menekankan perlunya menjamin keselamatan dan keamanan pasukan penjaga perdamaian setiap saat.

“Situasi di sepanjang Garis Biru antara Lebanon dan Israel sejak 8 Oktober tahun lalu, dengan baku tembak setiap hari antara kelompok bersenjata non-negara yang berbasis di Lebanon dan Pasukan Pertahanan Israel, terus menjadi keprihatinan yang serius,” katanya, dilansir Anadolu.

Pernyataan tersebut mengungkapkan “keprihatinan besar” atas meningkatnya kekerasan di sepanjang Jalur Biru dan mendesak semua pihak untuk “menahan diri dari pelanggaran lebih lanjut terhadap gencatan senjata.”

Sebelumnya pada hari Sabtu, setidaknya satu warga sipil dan tiga tentara dari Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) terluka dalam serangan Israel yang menargetkan kendaraan mereka di selatan negara itu.



UNIFIL menyatakan keprihatinannya “atas meningkatnya kekerasan di Jalur Biru saat ini.”

Tentara Israel membantah bahwa mereka menargetkan kendaraan UNIFIL di wilayah Rmeish di Lebanon selatan.

Ketegangan berkobar di sepanjang perbatasan antara Lebanon dan Israel di tengah baku tembak antara pasukan Israel dan Hizbullah, yang merupakan bentrokan paling mematikan sejak kedua belah pihak terlibat perang skala penuh pada tahun 2006.

Kemudian, Lebanon akan mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB atas serangan Israel terhadap pasukan penjaga perdamaian PBB. Pasukan penjaga perdamaian PBB dan tentara Lebanon memeriksa wilayah di Lebanon Selatan yang diserang oleh Israel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)