Seorang Perwira Positif Covid-19, Korsel-AS Tunda Latihan Militer

Minggu, 16 Agustus 2020 - 12:13 WIB
loading...
Seorang Perwira Positif Covid-19, Korsel-AS Tunda Latihan Militer
Korsel-AS menunda latihan militer setelah seorang perwira dinyatakan positif Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) akan memulai latihan militer gabungan tahunan mereka pada hari Selasa mendatang. Media lokal melaporkan bahwa latihan itu mengalami penundaan selama dua hari setelah seorang perwira Korsel dinyatakan positif terkena virus Corona baru.

"Latihan akan dimulai pada hari Selasa, mengingat situasi Covid-19 ," kata Kepala Staf Gabungan Korsel seperti dilansir dari Reuters, Minggu (16/8/2020).

Latihan tahun ini akan diperkecil, tidak memobilisasi pasukan yang berbasis di AS di tengah pembatasan Covid-19 terkait perjalanan personel AS ke Korsel.

"Program tahun ini, berjalan hingga 28 Agustus, akan fokus pada postur pertahanan gabungan, sementara latihan untuk transisi kontrol operasional masa perang di semenanjung Korea akan dilakukan sebagian," kata kepala gabungan itu dalam sebuah pernyataan.

Kantor berita Korsel, Yonhap melaporkan bahwa latihan yang dijadwalkan untuk dimulai pada hari Minggu, ditunda setelah perwira Angkatan Darat (AD) yang akan ambil bagian dinyatakan positif Covid-19.

Latihan gabungan tersebut diawasi secara ketat oleh Korea Utara (Korut), yang menyebutnya sebagai "latihan perang". Jumlah personel yang ikut latihan tersebut telah dikurangi dalam beberapa tahun terakhir untuk memfasilitasi negosiasi AS-Korut yang bertujuan membongkar program nuklir Pyongyang.(Baca: Dua Rudal Korut 'Sambut' Latihan Militer AS-Korsel )

Latihan ini dapat menunda rencana Presiden Korsel Moon Jae-in untuk mengambil alih kendali operasional masa perang dari AS sebelum masa jabatannya berakhir pada 2022, demikian kata para ahli.

Sebelumnya, pandemi virus Corona juga telah memaksa Korsel dan AS membatalkan latihan militer musim semi mereka.(Baca: Korut Kecam Rencana Latihan Militer AS-Korsel Bulan Depan )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)