Berkhianat, 2 Warga Inggris Memihak Rusia dalam Perang Ukraina

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:17 WIB
loading...
A A A
Seperti para "jihadis" Inggris yang bergabung dengan ISIS di Suriah, kedua pria tersebut menghadapi hukuman penjara jika atau ketikamereka kembali ke negaranya.

Stimson (48), asal Oldham, Greater Manchester, pernah dipenjara karena pelanggaran terorisme setelah menghabiskan empat bulanmembantu separatis yang didukung Rusia di wilayah Donbas pada tahun 2015, setahun setelah Rusia mencaplok Crimea.

Dia mengatakan kepada teman-temannya bahwa dia pergi ke sana untukmengemudikan ambulans, namun dalam sebuah wawancara dia mengakuibahwa dia telah menjadi “tentara Rusia” setelah membaca propaganda pro-Komunis secara online.

Dia mengklaim dirinya adalah seorang kelas pekerja yang tidakmemiliki pekerjaan, dan mengatakan dia siap membunuh di garis depandalam tindakan perang.

Stimson pernah ditangkap setibanya kembali di Inggris dan dipenjara selama lima tahun empat bulan pada tahun 2017 setelah mengakui membantu orang lain dalam melakukan tindakan terorisme.

Dia bersikeras bahwa dia tidak bertempur, namun sejak kembali ke Rusia pada bulan Februari lalu, dia mengakui di media sosial bahwa dia tidak hanya bertempur, namun dia ikut serta dalam Pertempuran Debaltseve pada tahun 2015.

Orang yang mengenal Stimson mengatakan dia menjadi tunawisma dan menggunakan heroin setelah keluar dari penjara pada Juni lalu.

Dia menjual harta miliknya untuk membayar visa dan penerbangan ke Moskow. Sebelum berangkat pada tanggal 23 Februari, dia mem-posting di media sosoal: “Saya siap berangkat sekarang, tas sudah dikemas. Saya hanya berharap polisi Inggris tidak menangkap saya dan mengarang ataumemutarbalikkan hal-hal untuk memberatkan saya atas sesuatu yang tidak ada.”
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0899 seconds (0.1#10.140)