5 Alasan AS Takut dengan Perang Nuklir di Luar Angkasa

Kamis, 21 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa, yang memimpin pertemuan dewan tersebut, mengatakan: “Selama Perang Dingin, meskipun lingkungannya konfrontatif pada saat itu, komunitas internasional menetapkan kerangka hukum untuk memastikan penggunaan luar angkasa secara damai dan berkelanjutan, yang melarang penempatan senjata nuklir. atau jenis senjata pemusnah massal lainnya di luar angkasa.”

3. Perkembangan Senjata Antisatelit Sangat Pesat

5 Alasan AS Takut dengan Perang Nuklir di Luar Angkasa

Foto/Reuters

Senjata antisatelit, biasa disebut ASAT, adalah senjata yang digunakan untuk mengganggu satelit lain. Satelit dapat dihancurkan atau dibuat tidak dapat dioperasikan melalui berbagai metode, termasuk penghancuran fisik – menabrakkan satelit ke satelit lain atau serangan non-kinetik seperti gangguan elektromagnetik, laser, atau serangan siber.

Senjata berbasis ruang angkasa yang dirancang untuk menargetkan target luar angkasa atau darat dapat mencakup pencegat pertahanan rudal balistik dan senjata serangan darat. Mereka biasanya terbagi dalam tiga kategori, Bumi-ke-luar angkasa, luar angkasa-ke-angkasa, dan luar angkasa-ke-Bumi.

Perjanjian Larangan Uji Coba Sebagian (PTBT), yang secara resmi dikenal sebagai Perjanjian Pelarangan Uji Coba Senjata Nuklir di Atmosfer tahun 1963, melarang peledakan nuklir di luar angkasa dan lingkungan bawah air. Perjanjian ini awalnya diratifikasi oleh AS, Rusia (sebelumnya Uni Soviet), dan Inggris.

Pasal IV Perjanjian Luar Angkasa tahun 1967 yang diikuti oleh 114 negara, melarang senjata pemusnah massal (WMD) di luar angkasa, termasuk pengujian dan penyebarannya.

Saat ini Amerika Serikat, Rusia, India dan China telah mengembangkan beberapa bentuk persenjataan antisatelit. Pada 15 November 2021, Rusia meluncurkanuji antisatelit (ASAT) yang menghantam satelit Rusia dan menciptakan lebih dari 1.500 keping puing orbital.

4. Ancaman Keamanan AS Terancam

5 Alasan AS Takut dengan Perang Nuklir di Luar Angkasa

Foto/Reuters

Laporan penilaian ancaman tahunan intelijen AS yang dirilis pekan lalu mengatakan senjata luar angkasa Rusia menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan nasional AS.

“Rusia terus melatih elemen luar angkasa militernya dan menggunakan senjata antisatelit baru untuk mengganggu dan menurunkan kemampuan luar angkasa AS dan sekutunya. Mereka memperluas persenjataan sistem pengacau, senjata energi terarah, kemampuan anti-ruang angkasa di orbit, dan rudal ASAT berbasis darat yang dirancang untuk menargetkan satelit AS dan sekutu,” katanya.

Penilaian intelijen tahunan juga menyoroti ancaman dari Tiongkok, Iran dan Korea Utara.

Badan Intelijen Pertahanan AS menulis dalam laporannya pada bulan Februari 2019 bahwa Rusia dan Tiongkok “sedang mengembangkan kemampuan jamming dan dunia maya, senjata energi terarah, kemampuan di orbit, dan rudal anti-satelit berbasis darat yang dapat mencapai jangkauan rudal yang dapat dibalik hingga tidak dapat dibalik. efek”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)