Koran Kanada Terbitkan Kartun Vampir Netanyahu, Kubu Yahudi Marah

Kamis, 21 Maret 2024 - 09:17 WIB
loading...
Koran Kanada Terbitkan Kartun Vampir Netanyahu, Kubu Yahudi Marah
Kartun PM Israel Benjamin Netanyahu berwujud vampir yang diterbitkan koran digital Kanada memicu kemarahan komunitas Yahudi setempat. Foto/Tangkapan layar La Presse
A A A
MONTREAL - Sebuah koran digital Kanada menerbitkan kartun Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu berwujud vampir yang sedang dalam perjalanan ke Rafah, Jalur Gaza.

Gara-gara kartun itu, koran La Presse yang berbahasa Prancis menuai kemarahan dari para petinggi negara dan komunitas Yahudi di Kanada. Penerbitan kartun itu dianggap sebagai ekspresi anti-Semitisme.

Kartun itu memperlihatkan Netanyahu dengan telinga dan cakar runcing, berdiri dalam mantel panjang di dek kapal layar, mengingatkan pada vampir dalam film Nosferatu tahun 1922.

Di kartun ada tulisan bertuliskan “Nosfenyahou dalam perjalanan ke Rafah.”



Kiasan anti-Semit yang sudah lama ada, termasuk yang digunakan oleh Nazi, menyamakan orang Yahudi dengan vampir.

Pimpinan La Press meminta maaf dan mengatakan kartun itu dimaksudkan sebagai kritik terhadap pemerintah Israel dan bukan terhadap orang-orang Yahudi.

Kekhawatiran meningkat di Kanada dan secara global atas perang Israel-Hamas di Gaza—termasuk rencana invasi darat Israel ke kota Rafah—di mana Netanyahu telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas sebagai respons atas serangan pada 7 Oktober 2023.

Para petinggi Kanada, pemimpin Yahudi dan pihak-pihak lainnya segera mengkritik kartun tersebut, termasuk Perdana Menteri Justin Trudeau yang menyebutnya “tidak menyenangkan".

“Tidak dapat diterima untuk memunculkan kembali anti-Semitisme dan sindiran seperti itu,” kata Trudeau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)