Mengapa Bencana Kelaparan Melanda Gaza?

Selasa, 19 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mendefinisikan kelaparan sebagai situasi di mana sebagian besar penduduk suatu wilayah tidak mampu mengakses makanan yang cukup, yang mengakibatkan meluasnya malnutrisi akut dan hilangnya nyawa akibat kelaparan dan penyakit.

Kerawanan pangan akut mengacu pada ketidakmampuan individu untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup sehingga membahayakan nyawa atau penghidupan mereka.

IPC mendefinisikan kerawanan pangan akut menggunakan lima fase berdasarkan tingkat keparahannya, mulai dari tidak ada atau minimal pada fase satu hingga bencana atau kelaparan pada fase lima.

“Ini semua adalah buatan manusia, ini semua adalah hasil dari pemboman yang terus menerus, pemboman – pemboman yang dilakukan oleh Israel dan perpindahan warga Palestina ke seluruh Jalur Gaza. Ini adalah akibat dari penggunaan kelaparan sebagai senjata perang,” kata Shawaf dari Oxfam.

Hampir 85 persen penduduk Gaza masih menjadi pengungsi.

IPC tidak mendeklarasikan kelaparan, namun memberikan bukti atas deklarasi kelaparan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan terkait di tingkat negara seperti otoritas pemerintah atau pimpinan negara di PBB.

Rumah tangga di Gaza selatan juga mengalami kelaparan karena laporan tersebut mengklasifikasikan provinsi Deir el-Balah, Khan Younis dan Rafah sebagai wilayah darurat fase empat IPC. Karena situasi yang tidak menentu, “dalam skenario terburuk, daerah-daerah ini menghadapi risiko Kelaparan hingga Juli 2024”, kata laporan itu.

Sementara sekitar separuh populasi berada dalam bencana keamanan pangan, separuh lainnya juga kelaparan. Laporan tersebut secara khusus mencatat bahwa:

Sekitar 854.000 orang di Gaza berada dalam IPC fase empat, atau keadaan darurat. Artinya, mereka menghadapi kekurangan pangan parah yang berujung pada malnutrisi akut atau kematian berlebihan. Beberapa juga menggunakan mekanisme penanggulangan darurat yang berdampak buruk pada kesejahteraan mereka.

Diperkirakan 265.000 orang di Gaza berada dalam fase ketiga IPC, atau krisis.

3. Israel Menghalangi Pasokan Bantuan

Mengapa Bencana Kelaparan Melanda Gaza?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0852 seconds (0.1#10.140)