Arsitektur Masjid Al-Ghamamah Melestarikan Sejarah Islam di Madinah

Sabtu, 16 Maret 2024 - 20:50 WIB
loading...
Arsitektur Masjid Al-Ghamamah Melestarikan Sejarah Islam di Madinah
Masjid Al-Ghamamah menjadi situs yang menunjukkan sejarah Islam di Madinah. Foto/SPA/Arab News
A A A
MADINAH - Madinah penuh dengan masjid dan landmark bersejarah. Di antara permata tersebut terdapat Masjid Al-Ghamamah, tempat Nabi Muhammad SAW diyakini melakukan salat Idul Fitri dan melakukan salat gaib untuk Negus dari Etiopia setelah mendengar berita kematiannya.

Terletak sekitar 500 meter barat daya gerbang Bab Al-Salam Masjid Nabawi, Al-Ghamamah adalah masjid pertama yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Abdulaziz pada masa pemerintahannya di Madinah.

Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang menawan: Bagian luarnya menampilkan batu basal hitam, pintu kayu berukir indah, dan kubah putih, serta menara menghiasi sudut barat laut.



Taman masjid dihiasi dengan pepohonan dan tanaman hijau – menyediakan surga yang tenang bagi pengunjung. Di dalam, di dinding selatan terdapat mihrab, di sebelah kanan diapit oleh mimbar marmer.

Melansir Arab News, Masjid Al-Ghamamah telah mengalami banyak restorasi sepanjang sejarahnya dan pemerintah Saudi saat ini terus melanjutkan tradisi ini, mengawasi renovasi besar-besaran pada masa pemerintahan Raja Salman.

Dedikasi dari para pemimpin Kerajaan Arab Saudi telah memastikan masjid tetap menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya, memperkuat hubungannya dengan warisan Nabi.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)