Seoul Tes Halte Bus Cerdas untuk Perangi Covid-19 dan Hindari Hujan

loading...
Seoul Tes Halte Bus Cerdas untuk Perangi Covid-19 dan Hindari Hujan
Komuter menunggu bus di halte cerdas di Seoul, Korsel, 14 Agustus 2020. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Halte bus cerdas telah mulai dipasang di jalanan ibu kota Korea Selatan (Korsel), Seoul, yang didesain untuk menghindari terik matahari, hujan dan virus corona.

Berbentuk kubus kaca, “Smart Shelter” itu memiliki pengatur suhu udara dan sinar ultraviolet untuk membersihkan dan mendinginkan udara, kamera pengawas dan layar digital untuk mengingatkan saat bus mendekat.

Halte itu juga dilengkapi hand sanitiser dan komuter dapat mengisi baterai laptop atau ponsel saat memakai WiFi gratis.

“Saya merasa tidak nyaman awalnya karena saya harus mengukur suhu saya sebelum masuk, tapi ini tidak selama itu,” papar mahasiswa universitas Park Sung-yeon, 25.



Dia menambahkan, “Saya harap kita dapat memiliki lebih banyak yang seperti ini sehingga kita dapat mengatasi virus corona.”

Kamera pemantau suhu di pintu memungkinkan mereka yang dapat masuk hanya yang memiliki suhu di bawah 37,5 derajat Celsius. Kamera terpisah dipasang di ketinggian lebih rendah untuk memeriksa anak-anak.

Panel surya di atap halte menyediakan listrik cadangan. Namun halte ini memiliki harga mahal, sekitar USD84.000 untuk satu halte.



“Kami juga membagi update langsugn situasi dengan polisi dan pemadam kebakaran dengan CCTV cerdas, sirine peringatan dan sensor suara kecerdasan buatan, sehingga kita dapat merespon kondisi darurat segera,” papar Kim Hwan-gyun, pejabat distrik Seongdong.

Sepuluh halte bus itu telah dipasang di distrik Seongdong di Seoul timur, yang dikenal dengan fasilitas publik inovatif seperti lampu lalu lintas yang dipancarkan ke perlintasan pejalan kaki, dan lebih banyak inovasi lainnya. (Baca Juga: Erdogan: Turki Akan Balas ‘Harga Tinggi’ Setiap Serangan pada Kapal)

Halte cerdas hasil kerja sama kantor distrik lokal dan LG Electronics itu diluncurkan awal bulan ini. (Baca Infografis: Drone RQ-4 Global Hawk Amerika Dicegat Tiga MIG-31 Rusia)

Korsel saat ini mengalami peningkatan wabah dalam beberapa pekan terakhir, terutama di wilayah ibu kota yang padat penduduk. (Lihat Video: Ambulans Patah As, Ibu Mau Melahirkan Dievakuasi Mobil Patroli)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top