Mengapa AS Mendirikan Pelabuhan Sementara di Gaza?

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Biden mengatakan pemerintah Israel akan menjaga keamanan di dermaga. Tidak jelas siapa yang akan menurunkan bantuan di dermaga dan memindahkannya ke pantai. Para ahli mempertanyakan bagaimana Israel, yang telah melumpuhkan pengiriman bantuan melalui perbatasan darat, akan mengizinkan pasokan bantuan melalui laut.

3. Dermaga Bukan Solusi Terbaik

Mengapa AS Mendirikan Pelabuhan Sementara di Gaza?

Foto/Reuters

Dermaga tersebut tampaknya menjadi solusi rumit untuk masalah yang memiliki solusi lebih sederhana – bagi Israel untuk membuka penyeberangan darat ke Gaza.

“Setiap upaya untuk mendatangkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza untuk membantu orang-orang yang putus asa sangat disambut baik,” kata Juliette Touma dari Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). “Namun, ada cara yang lebih efisien, lebih murah, dan lebih cepat untuk menyalurkan bantuan ke Gaza, yaitu melalui jalan darat.”

Touma mengatakan kepada Al Jazeera bahwa minimal 500 truk bantuan setiap hari diperlukan untuk memenuhi kebutuhan warga sipil Palestina di Gaza. Itu adalah rata-rata jumlah truk yang masuk ke Gaza sebelum perang,

Namun hal ini berubah setelah tanggal 7 Oktober. Rata-rata harian 90 truk memasuki daerah kantong tersebut pada bulan Februari, dan jumlah truk hanya tujuh atau sembilan truk pada hari-hari tertentu.

Touma juga menekankan bahwa selama dua minggu pertama setelah perang dimulai, tidak ada truk bantuan yang masuk ke Gaza. Hal ini menyebabkan 5.000 truk tidak dapat diisi ulang, sehingga memperburuk defisit bantuan di wilayah kantong tersebut.

Dia menambahkan bahwa apa yang bisa dilakukan AS untuk membantu krisis bantuan di Gaza dengan cara yang paling efisien adalah dengan memberikan tekanan lebih besar pada pemerintah Israel untuk meningkatkan jam kerja di satu titik penyeberangan terbuka antara Israel dan Gaza – penyeberangan Karem Abu Salem. Selain itu, Israel harus disarankan untuk membuka lebih banyak penyeberangan dan meningkatkan jumlah truk yang diizinkan, katanya.

Ratusan truk berisi bantuan menunggu di sisi Mesir karena pembatasan yang dilakukan Israel.

4. Tidak Akan Mampu Mengatasi Bencana Kelaparan

Mengapa AS Mendirikan Pelabuhan Sementara di Gaza?

Foto/Reuters

Kelompok kemanusiaan Refugees International menerbitkan sebuah laporan pada hari Kamis yang mengatakan bahwa Israel telah menimbulkan “kondisi seperti kelaparan” di Jalur Gaza “sambil menghalangi dan melemahkan respons kemanusiaan”. Laporan tersebut menganggap situasi di Gaza “apokaliptik”.

Para pegiat mengatakan tidak boleh ada waktu yang terbuang dalam memberikan bantuan karena warga Palestina sedang menghadapi kondisi seperti kelaparan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)