Mengapa AS Mendirikan Pelabuhan Sementara di Gaza?

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan negaranya akan berpartisipasi dalam proyek dermaga tersebut tetapi menambahkan bahwa pembangunannya akan “membutuhkan waktu”.

Pentagon menetapkan batas waktu pada hari Jumat, mengatakan rencana untuk membangun dermaga tersebut dapat memakan waktu hingga 60 hari dan melibatkan lebih dari 1.000 tentara Amerika.

Pejabat pertahanan AS mengatakan Brigade Transportasi ke-7, yang berbasis di Pangkalan Gabungan Langley-Eustis di Virginia, mulai menyatukan apa yang disebut peralatan dan perahu Joint Logistics Over The Shore. Hal ini dibandingkan dengan sistem Lego yang besar – susunan potongan baja sepanjang 12 meter (40 kaki) yang dapat dikunci untuk membentuk dermaga dan jalan lintas.

Pentagon mengatakan pihaknya belum menentukan bagaimana lokasi pendaratan sistem pelabuhan terapung itu akan diamankan dari ancaman apa pun dan pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan mitranya, termasuk Israel.

Sekretaris Pers Pentagon Patrick Ryder mengatakan ada risiko serangan Hamas terhadap sistem pelabuhan. Dia menambahkan, tidak ada pasukan AS yang akan memasuki Gaza, bahkan untuk sementara, untuk menyelesaikan pembangunan pelabuhan.

Di Gaza, kemungkinan besar akan ada sekutu, kontraktor, dan lembaga bantuan.

Rencana dermaga tersebut mempunyai dua komponen: Yang pertama adalah tongkang terapung lepas pantai yang dapat menerima pengiriman bantuan. Militer AS kemudian akan memindahkan bantuan dari sana ke jalan lintas terapung sepanjang 550 meter (1.800 kaki) yang berlabuh di pantai.

"Setelah beroperasi, dermaga tersebut akan memungkinkan pengiriman sekitar 2 juta makanan ke Gaza setiap hari," kata Ryder.

AS telah mengirimkan total sekitar 124.000 makanan selama empat kali pengiriman udara dalam seminggu terakhir. "Pengiriman udara terbaru pada hari Jumat mengirimkan sekitar 11.500 makanan," demikian keterangan militer AS.

Gaza sudah memiliki pelabuhan kecil di dekat distrik Remal di Kota Gaza. Namun, pelabuhan tersebut telah berada di bawah blokade angkatan laut Israel sejak tahun 2007 ketika Israel juga menutup hampir seluruh penyeberangan perbatasan Gaza. Israel telah mengklaim kendali penuh atas garis pantai dan perairan teritorial Gaza, menghalangi kapal-kapal mencapai jalur tersebut sejak tahun 1967.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)