Kapal Pertama dengan Bantuan Kemanusiaan Tinggalkan Siprus Menuju Gaza

Selasa, 12 Maret 2024 - 18:44 WIB
loading...
Kapal Pertama dengan Bantuan Kemanusiaan Tinggalkan Siprus Menuju Gaza
Bantuan kemanusiaan untuk Gaza, dimuat di platform di sebelah kapal penyelamat LSM Spanyol Open Arms di pelabuhan Larnaca, Siprus, 12 Maret 2024. Foto/REUTERS/Yiannis Kourtoglou
A A A
JALUR GAZA - Kapal pertama yang membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza telah memulai perjalanannya di bawah Inisiatif Koridor Maritim Siprus.

Presiden Siprus Nikos Christodoulides menjelaskan hal itu pada Selasa (12/3/2024).

“Perjalanan Amalthia adalah salah satu harapan dan kemanusiaan, dan ini baru saja dimulai. Kapal pertama dalam konteks Inisiatif Koridor Maritim Siprus untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza telah berlayar. Ini adalah penyelamat bagi warga sipil,” ungkap Presiden Siprus di X.

Sebelumnya pada hari itu, Kantor Berita Siprus (CNA) melaporkan kapal bantuan Open Arms telah meninggalkan pelabuhan Larnaca membawa 200 ton bantuan kemanusiaan sebagai bagian dari Inisiatif Amalthea yang dipimpin Siprus.

Kapal tersebut diperkirakan akan mencapai tujuannya dalam dua hari, menurut kantor berita tersebut.

Pekan lalu, Komisi Eropa, Jerman, Yunani, Italia, Belanda, Siprus, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat mengumumkan aktivasi koridor maritim untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Pemerintah Israel menyambut baik inisiatif Siprus dan berjanji membantu memfasilitasi transfer bantuan ke wilayah tersebut.



Pada November 2023, Christodoulides mengungkapkan rincian rencananya membangun koridor laut untuk pengiriman bantuan kemanusiaan langsung ke Jalur Gaza.

Presiden menyarankan agar kantor pusat operasional berlokasi di kota Larnaca, Siprus, yang merupakan lokasi pelabuhan utama Mediterania yang memiliki kapasitas menyimpan sekitar 100.000 ton bantuan untuk Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)