alexametrics

Menlu AS Sindir Khamenei yang Diam soal Penahanan Muslim di China

loading...
Menlu AS Sindir Khamenei yang Diam soal Penahanan Muslim di China
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. Foto/Leader.ir/Handout via REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Michael Pompeo menyindir Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei karena diam soal tindakan China yang menahan warga Muslim Uighur secara besar-besaran. Nasib minoritas Muslim berbahasa Turki di Xinjiang itu telah mendapat sorotan masyarakat internasional, termasuk PBB.

Pompeo mempertanyakan klaim pemimpin teokrasi Teheran yang selama ini mencitrakan dirinya sebagai pemimpin dunia Islam.

"@khamenei_ir menganggap dirinya sebagai pemimpin dunia Islam, tetapi rezimnya benar-benar diam ketika China—pembeli utama minyak Iran—telah menganiaya dan menahan ratusan ribu warga Muslim-nya," tulis Pompeo di Twitter via akun resminya, @SecPompeo, Jumat (14/9/2018).

Tweet diplomat utama Washington itu berpotensi memicu kecemasan di pihak Beijing yang sedang disorot masyarakat internasional atas perlakuan mereka terhadap minoritas Muslim Uighur. Menurut laporan PBB, lebih dari 1 juta warga Uighur ditahan di kamp-kamp rahasia untuk mendapatkan pendidikan ulang.Komentar Pompeo juga akan semakin memanaskan perseteruan antara Washington dan Beijing yang sedang terlibat perang dagang.

Bulan lalu, sekelompok legislator Washington meminta Pompeo dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin untuk membatasi perjalanan dan membekukan aset pejabat Partai Komunis atas atas peran mereka dalam penganiayaan terhadap warga Uighur.

Sementara itu, China telah memperingatkan AS untuk tidak ikut campur dalam urusan internalnya. Pemerintah Presiden Xi Jinping secara resmi menyangkal masalah di Xinjiang, wilayah yang jadi rumah bagi sekitar 10 juta warga Uighur.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak