Eks Investigator NTSB: Pilot Ingin Bawa Pesawat MH370 ke Pangkalan AS di Diego Garcia

Minggu, 10 Maret 2024 - 07:25 WIB
loading...
Eks Investigator NTSB: Pilot Ingin Bawa Pesawat MH370 ke Pangkalan AS di Diego Garcia
Alan Diehl, mantan investigator NTSB AS, yakin pilot MH370 ingin membawa pesawat tersebut ke pangkalan militer Amerika di Diego Garcia. Foto/YouTube REUTERS
A A A
WASHINGTON - Alan Diehl, mantan investigator Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Amerika Serikat (AS), yakin pilot Malaysia Airlines Penerbangan 370 atau MH370 ingin membawa pesawat itu ke pangkalan militer Amerika di Diego Garcia.

Dengan teorinya itu, Diehl percaya sebagian besar puing-puing pesawat MH370 berada hampir 3.500 mil di utara fokus pencarian selama ini.

Alan Diehl, yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun menyelidiki kecelakaan pesawat, yakin Boeing 777 yang hilang itu jatuh ke Laut Andaman, yang berada di barat laut Malaysia.

Pada Jumat lalu, genap 10 tahun pesawat MH370 lenyap misterius bersama 239 orang di dalamnya. Pesawat hilang setelah lepas landas dari bandara Kuala Lumpur untuk menuju Beijing, China.



Diehl yakin pilot MH370, Zaharie Ahmad Shah, ingin membuat pernyataan politik melawan rezim saat itu: pemerintah Perdana Menteri Najib Razak. “Dengan menyita pesawat tersebut, menerbangkannya secara sembunyi-sembunyi melintasi Malaysia, membawanya ke pangkalan militer Amerika di Diego Garcia, di mana dia diperkirakan akan menyiarkan manifestonya dalam perjalanan, mendaratkan pesawat dan melepaskan penumpangnya,” katanya kepada Fox News, yang dilansir Minggu (10/3/2024).

Ada banyak teori dengan tingkat kemungkinan yang luas, namun gagasan baru Diehl—jika benar—akan sepenuhnya mengubah upaya pencarian, yang sebagian besar berfokus di bagian selatan Samudra Hindia dekat pantai barat daya Australia.

Sepuluh tahun setelah MH370 lenyap misterius tanpa jejak, satu-satunya hal yang dapat dipegang teguh oleh keluarga dan teman-teman dari 239 korban adalah teori-teori yang bermunculan—tidak peduli betapa konyolnya teori tersebut—karena kenyataannya adalah pemerintah yang terlibat tidak memiliki jawaban yang pasti.

Masih sulit untuk membayangkan bagaimana penerbangan rutin pada tanggal 8 Maret 2014, dari Kuala Lumpur, Ibu Kota Malaysia, ke Beijing, China, menyimpang dari jalurnya setelah serangkaian belokan yang aneh dan tajam, kehilangan kontak radar dan kemudian menghilang.

Diehl, seorang psikolog penelitian yang mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan kembali kemungkinan tindakan pilot dan awak pesawat dengan menganalisis kondisi mental mereka, percaya bahwa belokan dan perangkat elektronik pesawat menjadi gelap adalah hal yang disengaja.

“Pesawat ini gelap secara elektronik, dan dia (pilot) mungkin juga mematikan lampunya, dan pesawat itu terbang melintasi Thailand dan Malaysia, masuk dan keluar wilayah udara,” kata Diehl.

Dia mengatakan kasus pesawat MH370 tidak lebih dari sekedar sebuah kesalahan kecil bagi operator radar, jika mereka terjaga dan cukup rajin untuk melihatnya.

Ada pesan lisan pada pukul 01.19 waktu setempat oleh pilot kepada petugas lalu lintas udara Malaysia: "Good Night. Malaysian three-seven-zero”. Itu adalah komunikasi terakhir yang diketahui tetapi sistemnya terputus.

Kemudian pola penerbangannya menjadi kacau. Ketika pengendali lalu lintas udara kehilangan pesawat tersebut, radar militer Malaysia mampu mengikuti pesawat tersebut, yang menunjukkan bahwa pesawat itu melakukan tikungan tajam yang tidak terjadwal.

Beberapa orang percaya bahwa pilot tersebut melakukan bunuh diri, dan bermaksud untuk membuat pesawat tersebut menghilang di salah satu tempat paling terpencil di dunia, di lepas pantai barat daya Australia, tempat pesawat tersebut diyakini jatuh.

Teori ini melibatkan pilot yang mengunci first officer-nya, Fariq Abdul Hamid, di luar dek penerbangan, memutus semua komunikasi dan menurunkan tekanan udara pesawat hingga penumpang meninggal karena hipoksia, sebelum jatuh ke laut.

Namun informasi yang ada di domain publik tidak menunjukkan motif apa pun untuk misi bunuh diri, kata Diehl, dan ada cara bagi first officer untuk kembali ke kabin dengan melalui ruang elektronik.

Laporan resmi yang dirilis pada tahun 2018 menyebutkan rincian tentang sang pilot. "Tidak ada riwayat sikap apatis, cemas, atau mudah tersinggung yang diketahui. Tidak ada perubahan signifikan dalam gaya hidupnya, konflik antarpribadi, atau tekanan keluarga,” bunyi laporan tersebut.

“Jadi itu benar-benar tidak cocok,” kata Diehl, namun dia tidak menampik gagasan bahwa first officer dikunci.

Jika dia ingin menghilang, Diehl yakin dia akan terbang ke arah yang berlawanan menuju Palung Mariana, sebuah palung samudra di Samudra Pasifik yang jaraknya lebih dari satu mil dari permukaan laut dibandingkan puncak Gunung Everest dan sekitar 1.580 mil jauhnya dari permukaan laut yang panjangnya bermil-mil dan lebarnya lebih dari 40 mil.

“Itu memberitahu saya bahwa dia tidak ingin menghilang,” kata Diehl.

Teori lain yang mendapat banyak perhatian adalah gagasan bahwa pilot tersebut, seorang aktivis terkenal, ingin mempermalukan rezim negara tersebut, dan ditembak jatuh sebelum dia dapat melakukan penerbangan bunuh diri ala 9/11 ke Lapangan Tiananmen di Beijing.

“Sasaran itu pasti sedang dalam perjalanan, jadi dia tidak perlu berbelok tajam ke kiri,” kata Diehl. "Yang membawa saya pada teori saya bahwa dia ingin membuat pernyataan politik, tidak lebih, tetapi sesuatu terjadi pada pesawatnya. "

Masih banyak lagi ide-ide liar lainnya, seperti pilot yang melakukan pembajakan tipe "D.B. Cooper" dan melompat keluar dari pesawat untuk menemui kekasihnya. Tentu saja, ada konspirasi alien dan lubang hitam.

"Selama kehebohan awal ini, beberapa teori ini tampak kredibel," tulis Diehl dalam bukunya; "Best Laid Plans".

“Misalnya, kebakaran kargo mungkin terjadi, atau ada penumpang atau penumpang gelap yang membajak jet tersebut,” katanya.

“Sementara yang lain tampak aneh, seperti gagasan bahwa CIA menembak jatuh pesawat tersebut karena para ahli komputer AS berada di dalamnya dan mungkin membelot ke China, atau bahwa agen KGB secara elektronik mengambil kendali atas pesawat tersebut dan menerbangkannya ke kosmodrom yang ditinggalkan di bekas pelabuhan Uni Soviet."

Diehl mendalami teorinya lebih dalam dalam buku barunya; "Best Laid Plans", yang memperkenalkan teorinya dengan menggunakan karakter fiksi dan dialog, kecuali pilot dan first officer.

Dia menyajikan teori fiktif—namun masuk akal—bahwa first officer sengaja dikunci, sehingga dia tidak akan terlibat dalam konspirasi pilot untuk membuat pernyataan politik.

Namun first officer tahu bahwa dia dapat membuka kembali kokpit dengan melewati pintu jebakan tersembunyi yang mengarah ke ruang E&E (elektronik dan peralatan). “Sebuah area rak elektronik dan kotak hitam, dengan kumpulan kawat seperti spageti tersebar di mana-mana,” tulis Diehl dalam bukunya.

Saat berada di ruang E&E, pilot mungkin berbelok tajam, yang dapat menimbulkan bencana saat dia mencoba menahan diri.

“Dengan adanya tegangan tinggi di sana, jika dia menabrak sesuatu, dia bisa memicu kebakaran secara tidak sengaja, mungkin bunuh diri dan menyebabkan masalah besar,” kata Diehl.

“Pesawat akan dipenuhi asap dan mungkin membuat lubang di badan pesawat… dan pada ketinggian 35.000 kaki hal itu akan menyebabkan dekompresi yang eksplosif,” ujarnya.

"Dan sisanya, seperti kata mereka, adalah sejarah."
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)