Bandara Basra Jadi Target Serangan Roket di Tengah Krisis Keamanan

Sabtu, 08 September 2018 - 16:10 WIB
Bandara Basra Jadi Target Serangan Roket di Tengah Krisis Keamanan
Bandara Basra Jadi Target Serangan Roket di Tengah Krisis Keamanan
A A A
BAGHDAD - Sedikitnya empat buah roket Katyusha diluncurkan menuju Bandara Basra, Irak. Serangan itu terjadi di tengah aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan melanda wilayah itu.

Dikutip dari Al-Arabiya, Sabtu (8/9/2018), seorang pejabat di bandara Basra mengatakan bahwa pelaku penyerangan yang tak dikenal menembakkan roket Katyusha ke bandara. Ia menambahkan bahwa tidak ada korban akibat serangan itu.

Pejabat itu mengatakan tidak jelas siapa yang berada di belakang serangan yang terjadi pada sekitar pukul 8 pagi waktu setempat itu. Tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan yang terjadi.

Meski begitu, pejabat bandara mengatakan serangan Katyusha tidak mengganggu penerbangan di dalam atau di luar kota.

Serangan ini mengikuti kekacauan yang terjadi pada malam hari sebelumnya di mana ratusan demonstran yang marah menyerbu dan membakar konsulat Iran serta sejumlah situs Iran lainnya di Basra.

Koresponden Al Arabiya telah melaporkan bahwa pasukan khusus dalam jumlah besar memasuki Basra untuk memberlakukan jam malam di kota. Mereka di kirim setelah aksi protes dan kerusuhan pecah sampai larut malam, ketika para demonstran yang marah menyerbu dan membakar konsulat Iran.

Para pengunjuk rasa menyerbu konsulat Iran di pusat minyak Irak selatan, Basra, Jumat, kata sumber keamanan setempat. Konsulat tersebut berada di lingkungan kelas atas al-Barda'iya, tenggara pusat kota.

Protes di Basra adalah yang paling serius mengguncang jantung wilayah kelompok Syiah selatan yang kaya minyak di Irak dalam beberapa tahun. Para pengunjuk rasa menyerukan untuk mengakhiri korupsi endemik, melonjaknya pengangguran dan layanan publik yang buruk.

Demonstran telah menargetkan gedung-gedung pemerintah lokal dan kantor-kantor partai politik sejak protes meningkat pada hari Senin.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4821 seconds (0.1#10.140)