Houthi Merudal Kapal AS, 2 Orang Tewas, 6 Luka

Kamis, 07 Maret 2024 - 08:07 WIB
loading...
A A A
Pelacakan maritim menunjukkan True Confidence saat mendekati Selat Bab-el-Mandeb pada Selasa malam sebelum berbelok tajam kembali menuju Teluk Aden. Kapal tersebut terdaftar di Liberia, yang merupakan bendera kenyamanan populer bagi kapal dagang, namun pemiliknya dilaporkan sebagai perusahaan multinasional Oaktree Capital Management LLC yang berbasis di AS.

Awal pekan ini, kapal curah milik Inggris; Rubymar, tenggelam di Teluk Aden, hampir dua minggu setelah diserang rudal Houthi dan awaknya dievakuasi. Itu adalah kapal pertama yang ditenggelamkan oleh Houthi sejak awal serangan mereka.

Sebagian besar perusahaan pelayaran Barat telah mengubah rute lalu lintas mereka di sekitar Afrika sebagai respons terhadap serangan Houthi, yang telah meningkatkan premi asuransi.

Kelompok Houthi awalnya melepaskan tembakan peringatan hanya pada kapal-kapal yang dimiliki atau menuju Israel. Mereka memperluas daftar sasaran pada pertengahan Januari, setelah serangan pertama AS-Inggris.

Tidak terpengaruh, kelompok yang berbasis di Yaman itu telah menyatakan bahwa mereka akan mengakhiri operasinya hanya jika Israel berhenti menyerang Gaza.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)