Trump dan Biden Mendominasi Super Tuesday

Rabu, 06 Maret 2024 - 18:49 WIB
loading...
Trump dan Biden Mendominasi Super Tuesday
Super Tuesday didominasi Donald Trump dan Joe Biden. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump meraih kemenangan dalam pemilu pendahuluan di sebagian negara bagian pada Selasa (5/3/2024). Itu memicu pertandingan ulang bersejarah dalam pemilihan umum bulan November.

Trump memenangkan suara Partai Republik di 14 dari 15 negara bagian – termasuk California dan Texas yang kaya akan delegasi – menyingkirkan mantan Duta Besar PBB Nikki Haley, saingan terakhirnya yang tersisa. Satu-satunya kemenangan Haley malam itu terjadi di Vermont.

Kinerja Trump yang luar biasa pada acara "Super Tuesday", ketika lebih dari sepertiga delegasi Partai Republik bersaing, berarti ia telah meraih nominasi presiden ketiga berturut-turut meskipun menghadapi serangkaian tuntutan pidana.

Trump dan Biden dengan cepat memusatkan perhatian mereka satu sama lain ketika hasilnya menjadi jelas. Dalam pidato kemenangannya di perkebunan Mar-a-Lago di Florida, Trump fokus pada kebijakan imigrasi Biden dan menyebutnya sebagai “presiden terburuk” dalam sejarah.

“Kota-kota kita sedang dibanjiri dengan kejahatan migran,” katanya, meskipun data kejahatan tidak mendukung pernyataan tersebut, dilansir Reuters.

Sedangkan Biden kembali menyebut Trump sebagai ancaman terhadap demokrasi Amerika.

“Hasil malam ini memberikan rakyat Amerika pilihan yang jelas: Apakah kita akan terus bergerak maju atau membiarkan Donald Trump menyeret kita mundur ke dalam kekacauan, perpecahan, dan kegelapan yang menentukan masa jabatannya?” katanya dalam sebuah pernyataan.



Biden berhasil lolos dalam pemilihan Partai Demokrat, meskipun pemungutan suara protes di Minnesota dan enam negara bagian lainnya yang diselenggarakan oleh para aktivis yang menentang dukungan kuatnya terhadap Israel dalam perang melawan Hamas membuahkan hasil yang kuat.

Menurut Edison Research, perolehan suara "tanpa komitmen" di Minnesota mencapai 19% dengan hampir 90% suara telah dihitung, lebih tinggi dari 13% yang diperoleh upaya serupa di Michigan minggu lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)