Trump Menang Kaukus Dakota Utara, Kalahkan Nikki Haley

Rabu, 06 Maret 2024 - 08:15 WIB
loading...
Trump Menang Kaukus Dakota Utara, Kalahkan Nikki Haley
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Donald Trump mengalahkan Nikki Haley di kaukus Dakota Utara pada Senin (4/3/2024). Haley merupakan saingan terakhir Trump yang tersisa untuk nominasi presiden dari Partai Republik tahun ini.

Trump menerima lebih dari 84% suara, menurut AP. Ini menjadi kemenangan luar biasa karena kandidat mana pun yang memenangkan lebih dari 60% akan menerima suara dari seluruh 29 delegasi negara bagian di bawah peraturan Dakota Utara.

Mantan presiden AS itu sekarang memiliki 273 delegasi dibandingkan Haley yang berjumlah 43 delegasi, yang menempatkannya dalam posisi yang lebih baik untuk meraih nominasi presiden Partai Republik tahun 2024 untuk pemilu November.

Trump tetap unggul bahkan setelah kemenangan Haley di pemilihan pendahuluan di Washington DC pada Minggu.

Keberhasilan Trump pada Senin terjadi tepat setelah Mahkamah Agung AS membatalkan keputusan Mahkamah Agung Colorado yang memutuskan Trump tidak dapat menjabat lagi sebagai presiden atas dugaan dorongannya terhadap kerusuhan Capitol Hill pada 2021.

Berdasarkan Pasal 3 Amandemen ke-14 Konstitusi, orang-orang yang sebelumnya memegang jabatan pemerintahan tetapi kemudian “terlibat dalam pemberontakan” harus dilarang mencalonkan diri untuk berbagai jabatan.



Mahkamah Agung mengatakan negara bagian tidak dapat menentukan apakah seorang calon presiden atau calon lain untuk jabatan federal tidak memenuhi syarat.

Kedua kemenangan Trump pada Senin, di pengadilan dan di Dakota Utara, terjadi menjelang pemilihan pendahuluan pekan ini yang dikenal sebagai Super Tuesday, ketika jutaan orang Amerika diperkirakan akan memberikan suara di 15 negara bagian dan teritori.

Mantan presiden tersebut, yang telah memenangkan delapan dari sembilan pemilihan pendahuluan sejauh ini, diperkirakan akan mendominasi perolehan suara, karena dia memimpin dengan selisih yang besar dalam jajak pendapat baik secara nasional maupun di negara bagian yang akan mengadakan pemungutan suara pada Selasa.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan Trump mendapat sekitar 80% dukungan di Texas, 70% dukungan di California, dan 65% di Virginia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)