Instagram dan Facebook Down serta Kabel Internet Laut Merah Dipotong Terkait Gaza?

Rabu, 06 Maret 2024 - 07:34 WIB
loading...
Instagram dan Facebook Down serta Kabel Internet Laut Merah Dipotong Terkait Gaza?
Logo Facebook dan Instagram di layar ponsel pintar. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Tiga kabel yang menyediakan internet dan telekomunikasi global telah dipotong di Laut Merah pada Senin (4/3/2024), menurut laporan Associated Press (AP).

Tidak jelas bagaimana kabel tersebut dipotong. “Ada kekhawatiran mengenai kabel-kabel tersebut yang menjadi sasaran kampanye Houthi,” ungkap laporan Associated Press, namun mencatat, “Houthi membantah telah menyerang kabel-kabel tersebut.”

Mengutip HGC Global Communications yang berbasis di Hong Kong, AP melaporkan pemadaman internet mempengaruhi 25% aliran data melalui kabel di bawah Laut Merah.

Rute Laut Merah digambarkan sebagai “penting untuk perpindahan data dari Asia ke Eropa”.

Pada Selasa, ribuan pengguna platform Facebook dan Instagram Meta melaporkan masalah yang memengaruhi akun mereka.

Menurut situs Downdetector, lebih dari 300.000 laporan pemadaman layanan dikirimkan ke Facebook, dan lebih dari 20.000 laporan diajukan pengguna Instagram.

Klaim Israel Ditolak


Klaim media Israel bahwa Angkatan Bersenjata Yaman, terkait dengan Ansarallah (Houthi), telah dibantah kelompok tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Situs berita Israel Globes menuduh Houthi telah merusak empat kabel komunikasi di Laut Merah antara Jeddah dan Djibouti, dan perbaikannya mungkin memakan waktu setidaknya delapan pekan.

Kelompok Houthi menyatakan pada Februari bahwa mereka siap terlibat dalam konflik berkepanjangan dengan koalisi Barat yang dipimpin Amerika Serikat (AS), bahkan dalam skenario di mana perang Israel di Gaza akan berlangsung selama bertahun-tahun.

Houthi adalah salah satu kelompok Perlawanan Arab pertama yang berdiri dalam solidaritas dengan Gaza, di tengah perang genosida Israel yang sedang berlangsung terhadap Jalur Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)