Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 4 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS

Rabu, 06 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 4 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS
Arab Saudi memiliki banyak motif kenapa harus beraliansi dengan AS. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Aliansi Arab Saudi dan Amerika Serikat telah berlangsung sekitar 80 tahun telah membuat mengalami turun naik dan panas dingin. Ikatan aliansi itu memiliki latar dan motif yang khas, yakni minyak.

Namun, Saudi juga menginginkan jaminan keamanan yang lebih luas dan solid dari AS. Maklum, Timur Tengah merupakan sumber konflik.

Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 5 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS

1. Asal usul aliansi AS-Saudi: minyak dan Perang Dingin

Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 4 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS

Foto/Reuters

Melansir Vox, tidak ada keraguan bahwa ini dimulai dengan minyak. Pada tahun 1933, monarki Saudi memberikan hak eksklusif kepada perusahaan Amerika Standard Oil untuk mencari minyak di provinsi timur negara itu. Pada tahun 1938, perusahaan patungan AS-Saudi, yang kemudian disebut ARAMCO, menemukan cadangan yang sangat besar.

Pemerintah AS ingin melindungi investasi perusahaan-perusahaannya, terutama ketika Amerika sangat membutuhkan minyak mentah selama Perang Dunia II. Pada tahun 1943, FDR mendeklarasikan keamanan Arab Saudi sebagai "kepentingan vital" Amerika Serikat — meskipun Saudi secara resmi netral dalam konflik Poros-Sekutu.

Setelah perang, Saudi mulai mendorong peran yang lebih besar di ARAMCO – dan akhirnya mengambil alih, meskipun mereka tidak langsung menasionalisasikannya sampai tahun 1980. Namun aliansi AS-Saudi semakin kuat bahkan ketika peran langsung Amerika di sektor minyak Saudi berkurang. . Hal ini karena kedua negara sepakat mengenai apa yang mereka anggap sebagai isu Timur Tengah yang dominan saat itu: pengaruh Soviet di wilayah tersebut.

Sifat sistem Saudi menjadikan negara ini musuh alami komunisme Soviet. Pemerintahan Saudi bersifat monarki dan teokrasi: Keluarga kerajaan Saudi menyerahkan kekuasaan atas sektor-sektor tertentu, seperti sistem peradilan, kepada ulama Sunni dari sekte garis keras Wahhabi. Kebijakan Soviet dalam mendukung gerakan Marxis dan nasionalis di Timur Tengah merupakan ancaman langsung bagi kedua belah pihak dalam pemerintahan Saudi: para raja takut akan sentimen revolusioner sayap kiri sementara kaum Wahhabi membenci sekularisme Soviet.

Amerika Serikat dan Arab Saudi, yang bersekutu melawan musuh bersama ini, memperluas hubungan minyak mereka menjadi aliansi keamanan yang lebih luas. Pada tahun 1951, Amerika Serikat dan Arab Saudi membentuk Perjanjian Bantuan Pertahanan Bersama, yang merupakan perjanjian pertahanan formal pertama antara kedua negara. Perjanjian ini mencakup penjualan senjata Amerika ke Arab Saudi dan pelatihan militer Amerika di Saudi.

Para pengambil kebijakan di Amerika menyimpulkan “bahwa agama dapat menjadi alat untuk menghentikan perluasan komunisme yang tidak bertuhan,” tulis Rachel Bronson dari Dewan Hubungan Luar Negeri. Dan hal ini membawa mereka ke Saudi: "Pemerintahan Eisenhower berharap menjadikan Raja Saud (1953–1964) menjadi pemimpin Islam yang diakui secara global dan mengubahnya menjadi 'mitra senior tim Arab.'"

Hubungan ini tumbuh cukup kuat untuk bertahan dari beberapa perselisihan yang serius, terutama embargo minyak terhadap penjualan ke Amerika Serikat pada tahun 1973 (dilakukan untuk memprotes dukungan AS terhadap Israel selama perang Yom Kippur tahun itu). Kerja sama AS-Saudi, seperti yang dijelaskan rekan saya Max Fisher, cukup luas. Hal ini termasuk "memfasilitasi kontak antara CIA dan jamaah haji yang mengunjungi Mekah dari wilayah Soviet Asia Tengah yang mayoritas penduduknya Muslim" serta "mengirimkan dinas intelijen Arab Saudi yang tangguh untuk bekerja bersama agen AS, Inggris, dan Prancis di wilayah Muslim di Afrika untuk melemahkan pengaruh Soviet di sana.."

Namun mungkin satu-satunya peristiwa paling penting dalam sejarah aliansi ini di era Perang Dingin adalah invasi Soviet ke Afghanistan pada tahun 1979. Para pengambil kebijakan di Saudi khawatir ini adalah langkah pertama menuju perluasan pengaruh Soviet ke Timur Tengah. AS melihatnya sebagai peluang untuk gagal mengalahkan saingannya dalam Perang Vietnam. Kedua negara bekerja sama untuk diam-diam mengirimkan senjata kepada pemberontak mujahidin anti-Soviet.

Program ini sangat besar – menurut Bronson, “Amerika Serikat dan Arab Saudi masing-masing menghabiskan tidak kurang dari $3 miliar, menyalurkan bantuan kepada kaum fundamentalis Islam yang bersenjata dan anti-AS.” Hal ini memerlukan koordinasi intelijen yang erat antara kedua negara. Beginilah cara Steve Coll dari New Yorker menggambarkannya dalam buku resminya Ghost Wars:

Pangeran Saudi Turki al-Faisal mencapai kesepakatan resmi dengan CIA pada bulan Juli 1980 untuk mencocokkan pendanaan Kongres AS untuk pemberontak Afghanistan. Setiap tahun Saudi mengirimkan sebagian uangnya ke kedutaan mereka di Washington. Duta Besar Saudi di Washington, Bandar bin Sultan, kemudian mentransfer dana tersebut ke rekening bank Swiss yang dikendalikan oleh CIA. Badan tersebut menggunakan rekeningnya di Swiss untuk melakukan pembelian rahasia di pasar senjata internasional. Divisi Timur Dekat Langley, yang menangani hubungan Saudi, harus terus-menerus melakukan tawar-menawar dengan GID Turki atas keterlambatan pembayaran.

Hal ini membawa era baru kerja sama antara kedua negara: Secara umum, AS tidak bertindak sebagai pencuci uang bagi negara asing kecuali mereka benar-benar menganggapnya penting.


2. Tumbuh dan Menguat saat Perang Dingin

Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 4 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS

Foto/Reuters

Melansir Vox, pada tahun 1990, Tembok Berlin runtuh dan Arab Saudi menasionalisasi ARAMCO, yang tampaknya menghilangkan sebagian besar fondasi aliansi AS-Saudi. Namun ada hal lain yang terjadi pada tahun itu yang mempertemukan kedua negara dengan cara yang baru dan seringkali tidak nyaman.

Tahun itu, pemimpin Irak Saddam Hussein menginvasi Kuwait untuk merebut industri minyak produktif Kuwait. Hal ini membuat Saudi takut: Mereka mempunyai perbatasan yang panjang dengan Irak dan, tentu saja, memiliki cadangan minyak yang sangat besar. Tanggapan AS langsung terlihat: Pada tanggal 7 Agustus, hanya lima hari setelah Saddam pertama kali pindah ke Kuwait, Amerika mengirim pasukan ke Arab Saudi untuk mempertahankan kerajaan tersebut dari serangan Irak. Pada bulan Januari 1991, pasukan AS menyerang pasukan Irak, mendorong Saddam keluar dari Kuwait dan memaksanya menuntut perdamaian.

Namun hal lucu terjadi setelah perang: Pasukan Amerika tetap bertahan. AS telah memiliki pasukan pelatihan kecil di Arab Saudi sejak tahun 50an, namun jumlah ini ditingkatkan secara dramatis setelah Perang Teluk. Sekitar 5.000 tentara AS tetap berada di kerajaan tersebut (kebanyakan mereka berangkat pada tahun 2003), bertugas mempertahankan zona larangan terbang di Irak selatan serta mempertahankan beberapa fasilitas utama Saudi dari kemungkinan agresi Irak.

Pengerahan pasukan AS ini bukan hanya tentang Saddam. Hal ini tentang menandakan komitmen AS yang lebih luas terhadap keamanan Saudi dan mempertahankan status quo Timur Tengah bahkan setelah ancaman Soviet mereda.

Tatanan pasca-Perang Dingin di Timur Tengah secara umum baik bagi Amerika Serikat. Sebagian besar negara besar – Arab Saudi, Israel, Turki, Yordania, dan Mesir – adalah sekutu Amerika. Menunjukkan bahwa negara-negara ini didukung oleh kekuatan militer Amerika, para pembuat kebijakan Amerika yakin, akan membantu memastikan bahwa minyak terus mengalir ke pasar internasional dan akan membantu mencegah perang baru yang mengganggu stabilitas.

3. Terguncang sejak Serangan 11 September

Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 4 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS

Foto/Reuters

Hubungan AS-Saudi mengalami guncangan besar setelah peristiwa 9/11, dan bukan hanya karena 15 dari 19 pembajak adalah warga negara Saudi. Selama beberapa dekade, dana Saudi telah mendanai kelompok-kelompok ekstremis dan pusat-pusat pendidikan di seluruh dunia sebagai cara untuk menjaga agar otoritas Wahhabi (yang masih diandalkan oleh Kerajaan Saud untuk legitimasi politik) tetap bahagia. (Ini juga merupakan bagian dari strategi yang disetujui AS pada tahun 1980an untuk mempromosikan mujahidin di Afghanistan.)

Pendanaan ini membantu menciptakan lahan subur bagi al-Qaeda untuk menghasilkan dan menyebarkan pandangan fundamentalis yang bahkan lebih ekstrim daripada pandangan Wahhabisme. Osama bin Laden, yang juga orang Saudi, mendapat dukungan langsung dari pemerintah Saudi selama Perang Afghanistan tahun 1980an – meskipun Arab Saudi akan mencabut kewarganegaraannya pada tahun 1992 setelah ia mengecam monarki tersebut karena dianggap kurang Islami.

Tampaknya adil, setidaknya sebagian, untuk menyalahkan kebijakan luar negeri Arab Saudi atas serangan tersebut, dan tampaknya banyak orang Amerika yang melakukan hal yang sama. Dalam jajak pendapat Zogby tahun 2001 terhadap warga Amerika sebelum serangan tersebut, 56 persen mengatakan mereka memandang Arab Saudi dengan baik. Pada bulan Desember 2001, angka tersebut turun menjadi 24 persen.

Namun krisis ini, dalam cara yang berbeda, merupakan sebuah peluang. Bin Laden, jika ada, lebih merupakan ancaman bagi Arab Saudi dibandingkan bagi Amerika Serikat. Tujuan mendasarnya adalah menggulingkan Saudi dan kediktatoran Timur Tengah lainnya; Menyerang AS hanyalah taktik yang dirancang untuk menekan “musuh jauh” agar meninggalkan Timur Tengah. Amerika dan Arab Saudi, sekali lagi, mempunyai musuh yang sama.

Akibatnya, hubungan lama intelijen AS dan Saudi akibat Perang Afghanistan menjadi terlalu cepat. Memang benar bahwa para pejabat pemerintahan Bush mengkritik dukungan Saudi terhadap ekstremisme, dan AS mendanai program promosi demokrasi secara terbatas di Arab Saudi. Namun kerja sama kontraterorisme merupakan prioritas utama: Bush tidak bersedia membahayakan hubungan keamanan yang berharga dengan menantang pemerintahan Saudi atau hubungannya dengan otoritas Wahhabi.

Sekali lagi, anggapan bahwa AS mempunyai kepentingan jangka pendek dalam aliansi dengan Arab Saudi mengalahkan segala keraguan mengenai sifat rezim Arab Saudi dan kebijakannya.

4. Antara Iran dan HAM

Bukan Hanya Sekadar Minyak dan Iran, 4 Alasan Arab Saudi Beraliansi dengan AS

Foto/Reuters

Sementara itu, orang-orang Saudi paranoid terhadap Amerika Serikat. F. Gregory Gause dari Texas A&M, pakar Arab Saudi, yang menulis esai untuk Lawfare, menyalahkan masalah "struktural" dalam hubungan antara negara-negara kuat dan lemah. Saudi, menurut Gause, takut akan “pengabaian” (AS menarik dukungannya) dan “penjebakan” (harus menanggung akibat kesalahan Amerika di Timur Tengah). Artinya, apa pun yang dilakukan AS, Saudi masih akan merasa khawatir. Itulah sifat bersekutu dengan kekuatan yang lebih kuat.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketakutan Saudi telah mengarah pada pengabaian. Ketika pemerintahan Obama menjangkau Iran, saingan utama Arab Saudi di kawasan ini, Saudi menjadi takut bahwa AS akan menjualnya ke wilayah tersebut. Gause menjelaskan:

Di masa lalu, ketika Washington lebih bermusuhan terhadap Iran, Saudi khawatir bahwa mereka akan menanggung akibat dari pembalasan Iran atas setiap serangan AS terhadap Iran. Kini, ketika Amerika dan Iran duduk di meja perundingan satu sama lain, para elit Saudi khawatir bahwa kepentingan mereka akan diabaikan, atau bahkan secara aktif dijual, oleh sekutu mereka, AS. Pada bulan Oktober 2013, ketua komite urusan luar negeri Dewan Permusyawaratan Saudi, yang merupakan parlemen versi Saudi yang ditunjuk dan tidak mengikat, mengatakan, "Saya khawatir ada sesuatu yang tersembunyi…Jika Amerika dan Iran mencapai kesepahaman, mungkin hal itu akan terjadi." dengan mengorbankan dunia Arab dan negara-negara Teluk, khususnya Arab Saudi.”

Hal ini menunjukkan masalah yang lebih mendasar bagi aliansi AS-Saudi: Aliansi ini hanya akan bertahan lama jika ada kepentingan bersama di antara kedua negara. Hubungan AS dengan negara-negara seperti Inggris dan Jepang lebih dari sekedar kepentingan dan musuh bersama – hubungan ini adalah tentang nilai-nilai, sejarah, dan visi bersama bagi dunia. AS tidak bisa menjalin aliansi seperti itu dengan negara teokrasi otoriter ultrakonservatif. Aliansi Saudi pada dasarnya bersifat transaksional: Aliansi ini hanya akan sekuat manfaat yang diperoleh kedua negara.

Peran Amerika di sektor perminyakan Saudi, Uni Soviet, dan Saddam Hussein hilang; jihadisme masih ada, namun tidak jelas sampai kapan hal ini akan tetap menjadi isu yang benar-benar menyatukan kedua kekuatan tersebut. Sebagai contoh, prioritas utama AS di Suriah adalah mengalahkan ISIS, sementara prioritas utama Arab Saudi adalah menggulingkan Bashar al-Assad (klien Iran). Hal ini menyebabkan kedua negara melihat isu-isu seperti nilai perundingan perdamaian dan mempersenjatai pemberontak Suriah dengan cara yang sangat berbeda.

Memang benar, ketika kepentingan suatu negara sedang berkonflik, masing-masing negara cenderung mengambil jalannya masing-masing. Inilah yang sebenarnya terjadi dengan eksekusi Nimr al-Nimr: Arab Saudi mengeksekusinya untuk memicu sentimen anti-Syiah, sebuah upaya kasar untuk menggalang dukungan di kalangan Sunni dalam negeri dan kekuatan Sunni regional. Dari sudut pandang Saudi, manfaat ini lebih besar daripada kerugian yang ditimbulkan terhadap hubungannya dengan Iran yang Syiah dan upaya Amerika untuk mengoordinasikan perjanjian damai Suriah dan front regional melawan ISIS. Tentu saja, Amerika Serikat mempunyai pandangan yang berbeda dan karenanya sangat kecewa dengan eksekusi Nimr.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7765 seconds (0.1#10.140)