Drone Gaza Dipamerkan Iran di Qatar, Kemampuannya Mencengangkan

Selasa, 05 Maret 2024 - 19:15 WIB
loading...
Drone Gaza Dipamerkan Iran di Qatar, Kemampuannya Mencengangkan
Replika UAV Shahed 149 bernama Gaza ditampilkan pertama kali di paviliun Iran dalam Pameran dan Konferensi Pertahanan Maritim Internasional Doha pada 4 Maret 2024. Foto/Defense Arabia/Instagram
A A A
DOHA - Pesawat udara tak berawak (UAV) bernama “Gaza” termasuk di antara beberapa senjata Iran yang ditampilkan di pameran pertahanan di Qatar.

Acara yang disebut Pameran dan Konferensi Pertahanan Maritim Internasional Doha (DIMDEX 2024) merupakan edisi kedelapan dari pameran pertahanan dan maritim utama di kawasan ini.



Drone, yang juga dikenal sebagai Shahed-149 dipamerkan di paviliun Iran bersama Shahed-129 selain senapan mesin, sistem radar pemetaan bernama S-811 dan S-813, serta bom F-365.

Berbicara kepada perwakilan di stand Iran, Breaking Defense melaporkan Gaza adalah UAV dengan ketinggian menengah, daya tahan rendah (MALE), dengan kemampuan muatan 500 kilogram.

Drone ini memiliki kemampuan komunikasi satelit dan memiliki ketinggian penerbangan maksimum 35.000 kaki.

“Radar aperture sintetis di udara yang dimaksudkan untuk mendeteksi target permukaan dan bawah air juga dapat dipasang di platform ini,” papar situs web Breaking Defense tersebut.

Semua sistem yang dipamerkan dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri, menurut seorang pejabat.
Pejabat itu menjelaskan, “Sistem tersebut terbuka untuk diekspor ke negara mana pun kecuali Israel dan AS.”

Drone Gaza pertama kali diluncurkan pada Mei 2021 dan diberi nama sesuai dengan Jalur Gaza untuk menghormati perjuangan Palestina melawan Israel.

Pada saat itu, kepala Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Mayor Jenderal Hossein Salami, mengatakan drone tersebut diberi nama untuk menghormati “mereka yang berdiri saat ini melawan invasi dan agresi Zionis.”

Menteri Pertahanan Iran Mohammad Reza Ashtiani juga berada di Doha untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat tinggi pertahanan dan militer Qatar.

Jenderal Ashtiani bertemu dengan Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohammad Al Attiyah dengan diskusi yang berfokus pada peningkatan kerja sama diplomatik dan militer antara kedua negara.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)