Berapa Lama Waktu Puasa di Arab Saudi? Simak Penjelasannya

Selasa, 05 Maret 2024 - 17:01 WIB
loading...
Berapa Lama Waktu Puasa di Arab Saudi? Simak Penjelasannya
Jemaah berbuka puasa di Masjidilharam, Makkah, Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Durasi waktu puasa di Arab Saudi menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Jika dibandingkan dengan Indonesia, apakah waktunya lebih lama?

Tinggal menghitung hari, umat Islam di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadan. Pada momen tersebut, umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa wajib.

Kendati sama-sama menjalani ibadah puasa Ramadan, waktu berpuasa di berbagai negara dunia memiliki durasi yang berbeda-beda. Dari sekian banyak, ada yang paling singkat hingga punya durasi terlama.

Lantas, bagaimanakah dengan waktu puasa di Arab Saudi? Simak ulasannya berikut ini.

Berapa Lama Waktu Puasa di Arab Saudi?


Waktu berpuasa dimulai sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, durasinya sendiri berbeda-beda, tergantung pada lokasi negara terkait.

Mengutip Alarabiya News, Selasa (5/3/2024), negara-negara yang berada lebih dekat dengan garis khatulistiwa biasanya memiliki durasi puasa yang cenderung lebih singkat. Sementara bagi mereka yang lokasinya agak jauh, waktu berpuasa relatif lebih lama.

Bagi negara-negara kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, umat Muslim bisa berpuasa hingga 14 jam per hari. Durasi tersebut belum masuk jajaran negara dengan waktu puasa terlama yang biasanya lebih dari 15 jam.

Perbandingan Waktu Puasa Arab Saudi dan Indonesia


Sebagaimana dijelaskan di atas, durasi puasa di Arab Saudi kurang lebih mencapai 14 jam per hari. Jika dibandingkan dengan Indonesia, waktu tersebut relatif lebih lama.

Bagi umat Muslim di Indonesia, mereka memiliki rata-rata durasi puasa mencapai 13 jam lebih sedikit. Durasi tersebut bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu yang tersingkat di dunia.

Demikianlah ulasan mengenai durasi waktu puasa di Arab Saudi dan perbandingannya dengan Indonesia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)