4 Fakta Sidang Parlemen Tahunan China

Senin, 04 Maret 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Dalam beberapa tahun terakhir, pidato tersebut telah menetapkan target ekonomi dan menguraikan rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Sorotan utama sejak tahun 1993 adalah pertemuan pers perdana menteri pada hari terakhir pertemuan tersebut. Namun konferensi pers tersebut telah dibatalkan tahun ini dan selama sisa masa jabatan parlemen, kata juru bicara parlemen pada hari Senin.

Karena anggota parlemen mempunyai kekuasaan untuk menunjuk pejabat senior pemerintah, beberapa diplomat memperkirakan Liu Jianchao, yang sekarang menjadi menteri luar negeri de facto Partai Komunis, dapat diangkat menjadi menteri luar negeri Tiongkok pada pertemuan tahun ini.

3. Bersaing dengan Amerika Serikat

4 Fakta Sidang Parlemen Tahunan China

Foto/Reuters

Laporan kerja Li akan meninjau tahun lalu sebelum menguraikan tujuan-tujuan ekonomi utama, yang diharapkan mencakup pertumbuhan stabil pada tahun 2024 sekitar 5%, dan defisit anggaran sebesar 3% dari produk domestik bruto.

Para analis memperkirakan Trump akan mengungkap rencana stimulus moderat untuk menstabilkan pertumbuhan namun tidak melakukan reformasi besar-besaran untuk memperbaiki ketidakseimbangan struktural yang parah.

Li juga dapat menguraikan lebih lanjut tentang bagaimana negara ingin memanfaatkan “kekuatan produktif baru”, sebuah konsep yang pertama kali diangkat oleh Xi pada bulan September lalu yang menggambarkan langkah-langkah untuk mempromosikan industri strategis termasuk kecerdasan buatan.

China juga akan mengumumkan anggaran pertahanannya, yang tumbuh lebih cepat dibandingkan PDB sejak Xi berkuasa 11 tahun lalu.

Para analis mengatakan kelanjutan tren ini, meskipun ada pembersihan tahun lalu terhadap beberapa jenderal yang bertanggung jawab atas pengadaan militer, akan menggarisbawahi penekanan yang diberikan Xi, sebagai panglima tertinggi, pada keamanan nasional di tengah persaingan strategis dengan Amerika Serikat.

Badan-badan negara lainnya juga akan memaparkan rencana untuk tahun depan dalam laporan kerja. Misalnya, parlemen mungkin menguraikan undang-undang apa yang ingin disahkan pada tahun 2024.

4. Diikuti 2.960 Anggota Parlemen

4 Fakta Sidang Parlemen Tahunan China

Foto/Reuters

Sekitar 2.960 anggota parlemen dari seluruh China, termasuk Hong Kong, akan bertemu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)