3 Cara Membedakan Kurma Israel dan Non Israel, Simak dan Pahami!

Senin, 04 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
3 Cara Membedakan Kurma Israel dan Non Israel, Simak dan Pahami!
Kurma Israel diboikot di berbagai negara Muslim. Foto/israelagri
A A A
RIYADH - Terdapat sejumlah cara membedakan kurma Israel dan non Israel yang penting diketahui. Salah satu yang paling penting adalah mengetahui merek-merek kurma asal negara tersebut.

Kurma menjadi salah satu buah yang identik dengan bulan suci Ramadan. Bagi umat Muslim di Indonesia, mereka biasa menyantap kurma ketika sudah memasuki waktu berbuka puasa sebagai takjil.

Terlepas dari beragam manfaat yang dimiliki kurma, Anda wajib berhati-hati ketika membelinya. Pasalnya, ada sejumlah merek di pasaran yang mungkin saja berasal dari Israel.

Lantas, bagaimana cara membedakan kurma Israel dan non Israel? Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (4/3/2024).

Cara Membedakan Kurma Israel dan Non Israel

Kendati identik dengan tanah Arab, kurma ternyata juga banyak yang berasal dari Israel. Negara Yahudi tersebut bahkan tercatat sebagai salah satu pengekspor kurma terbesar di dunia.

Berkaitan dengan hal di atas, masyarakat disarankan berhati-hati ketika membeli kurma, terlebih yang dijual melalui toko online. Sebagai salah satu bentuk pencegahan, berikut ini panduan membedakan kurma Israel dan non Israel sebagaimana dikutip dari laman Palestine Solidarity Campaign.


-Periksa Label Kurma

Cara paling utama yang bisa dilakukan untuk mencegah pembelian kurma Israel adalah dengan melihat labelnya. Jadi, pastikan ketika memilih kurma, Anda juga memperhatikan label pada kemasan atau wadahnya.

Nah, biasanya tidak semua produsen kurma mencantumkan negara asal pada kemasan atau kotaknya. Jika ditemukan kasus seperti ini, Anda disarankan untuk memeriksanya melalui situs web pengecer.

-Kenali Pengekspor Kurma Israel

Langkah berikutnya adalah mengenali perusahaan pengekspor kurma Israel. Seiring banyaknya protes dan boikot produk Israel, daftar merek kurma dan perusahaan pengekspornya dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Maka dari itu, Anda perlu mencermati daftar-daftarnya agar tidak salah beli. Sebagai contoh, hindari jenis kurma yang berasal atau diekspor dari perusahaan Hadiklaim, baik di supermarket hingga toko online.

Kemudian, ada juga beberapa perusahaan lain yang sudah masuk daftar. Di antaranya seperti Mehadrin, Arava, MTex, Edom, Carmel Agrexco, dan lainnya.

-Periksa Melalui Situs Bdnaash.com

Langkah pencegahan berikutnya adalah memeriksa merek atau label kurma yang tertera. Pada cara ini, Anda hanya perlu mengunjungi situs Bdnaash.com melalui browser.

Pada halaman utama, langsung saja masukkan nama perusahaan atau merek kurma yang tertera. Jika sudah, klik ‘search’ untuk memulai pencarian informasi.

Ketika nama yang dimasukkan terindikasi berasal atau menjadi pendukung Israel, maka tampilannya akan berwarna merah.

Demikianlah ulasan mengenai cara membedakan kurma Israel dan non Israel. Semoga bermanfaat.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)