Erdogan: Turki Akan Balas ‘Harga Tinggi’ Setiap Serangan pada Kapal

loading...
Erdogan: Turki Akan Balas ‘Harga Tinggi’ Setiap Serangan pada Kapal
Presiden Turki Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A+ A-
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan setiap serangan pada kapal eksplorasi Turki di perairan Mediterania akan mendapatkan “harga tinggi”.

Dia menegaskan bahwa Turki telah bertindak pada peringatan itu. Ketegangan di Mediterania timur meningkat pekan ini setelah Turki mengirim satu kapal survei ke wilayah itu, dikawal beberapa kapal perang.

Langkah ini oleh Yunani dianggap ilegal. “Kami katakan bahwa jika Anda menyerang Oruc Reis kami maka Anda akan membayar harga mahal, dan mereka mendapat jawaban pertama mereka hari ini,” ungkap Erdogan di Ankara tanpa memberikan rincian.

Oruc Reis dikawal kapal perang untuk menyurvei perairan antara Crete dan Siprus.

Sebagai respon, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan pihaknya akan meningkatkan kehadiran militer di wilayah dan mendesak Turki menghentikan eksplorasinya. (Baca Juga: Tua-tua Keladi, Mahathir Mohamad Bentuk Parti Pejuang Tanah Air)



Pasukan Prancis dan Yunani telah menggelar pelatihan militer di Crete pada Kamis (13/8). (Baca Infografis: Kamala Harris Dipilih Joe Biden Menjadi Cawapres AS)

Uni Eropa (UE) telah menerapkan sanksi pada dua eksekutif energi Turki terkait operasi di Mediterania timur. Para menteri luar negeri UE akan membahas situasi itu hari ini. (Lihat Video: Ambulans Patah As, Ibu Mau Melahirkan Dievakuasi Mobil Patroli)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top